Beranda

Pemeliharaan Gardu Tembok Sebagai Salah Satu Kerja Tambah Yantek [Rayon Rangkasbitung]

Tinggalkan komentar


Tertulis ALR 102 UPJ Rangkas Bitung, yup.. itu adalah gardu tembok yang ada di rangkasbitung gan, sekilas ane coba terangin dulu apa itu gardu tembok πŸ™‚

Gardu Beton/ Tembok Sesuai dengan namanya maka gardu ini ter buat dari beton. Type dari bagunan ini bermacam-macam sesuai dengan lokasi dan kebutuhan . Kapasitas transformator yang dipasang pada gardu ini dapat lebih besar dibandingkan dengan gardu-gardu sebelumnnya yang sudah dijelaskan.Jumlah Trafo yang dapat ditampung dalam gardu ini dapat lebih dari 1 buah, dimana hal ini bargantung dari kebutuhan dan lokasi yang ada.

Kapasitas trafo yang paling besar untuk gardu ini adalah 400 KVAs/d 630 KVA tetapi ada pula tempat-tampat tertentu trafo mancapai 1000 KVA. Oleh karena kemampuannya yang cukup besar maka pembangunan gardu ini biasanya dilaksanakan pada daerah-daerah yang mempunyai kepadatan lebih besar/ daerah kawasan industri.

Pada gardu beton jenis yang lama biasanya ruangan tegangan menengah, ruangan trafo dan ruangan tegangan rendah dipisahkan oleh skat tembok atau terali kawat. Jenis gardu ini biasanya disebut jenis Open Type. Sedangkan bangunan beton yang baru sekat-sekat tak ada dimungkinkan karena instalasi tegangan menengah ada dalam kontak yang tertutup yang biasanya disebut cubikel sehingga lebih aman dan mudah dalampengoprasian dan hemat tempat.

mudah2an penjelasan nya udah clear yah πŸ˜€ ..nah difoto sebelah ini ada kang ahmad hidayat yang sedang membersihkan ruangan gardu..biasanya yang ngerjain ini Yandu gan [pelayanan gardu], cuman yantek juga bisa ko mengerjakan, ya sebagai kerja tambah gan :mrgreen:

Biasanya jarang2 sih kita ngerjain yang kayak gituan, sekali2 kalo ga ada jadwal kegiatan biasanya temen2 ngerjain hasil inspeksi dan pemeliharaan seperti ini, banyak ko gan yang bisa dimanfaatkan oleh yantek, maksudnya banyak yang bisa dikerjakan dari hasil inspeksi, selain aman semuanya dapet hasil juga πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

untuk halaman luarnya kita siram dengan air gan, bruuuusssssss biar bersih..sekeliling kita bersihin, keliatan rapi, bersih dan sehat gan [hihihi 😎 ], maksudnya kan kalo lingkungan bersih dampaknya pada kesehatan juga gan, apalagi kan itu berhubunga ama udara, jadi menyerap udara yang bersih kan sehat tuh πŸ™‚ hasyiiikkkk :mrgreen: πŸ™„ πŸ˜€

Semangat kang Jani, sekalian aja mandi kang, gkgkgkgkgk..

nah penjelasan sedikit mengenai gardu tembok dah ane paparin gan, mudah2an ada mangfaatnya..mungkin temen2 lain juga bisa ngerjain pemeliharaan kayak gini, tenang ada ujungnya ko gan πŸ˜€ πŸ™‚ πŸ˜€

Pemeliharaan gardu :???
Bisa bisa bisa ko πŸ™‚
Semangat ah gan πŸ˜€

Iklan

Jenis Gardu Yang Digunakan Untuk Tegangan Menegah

2 Komentar


Jenis Gardu Yang Digunakan Untuk Tegangan Menegah

  • Ø Gardu Hubung (GH)

Gardu hubung ini berfungsi sebagai penyalur daya dari gardu induk ke gardu distribusi tanpa penurunan tegangan. Untuk membagi feeder menjadi beberapa jurusan dan bisa juga untuk pertemuan beberapa feeder dimana dapat digunakan manuver jaringan apabila diperlukan.

  • Ø Gardu Distribusi (GD)

Gardu Distribusi pada dasarnya adalah transformator atau trafo yang berfungsi sebagai pengubah tegangan. Trafo ini dapat berupa trafo satu fasa atau tiga fasa dengan kapasitas antara 400 – 5000 KVA. Selain trafo terdapat juga peralatan penunjang lainnya., yaitu arrester, fuse (pelebur) serta panel tegangan rendah.

Ada tiga jenis Gardu Distribusi, yaitu :

a. Gardu Tiang

Sesuai namanya, gardu tiang merupakan gardu distribusi yang dipasang di tiang pada jaringan distribusi. Gardu tiang ini ada dua macam, yaitu :

  • Β· Gardu Cantol yang dicantolkan pada tiang
  • Β· Gardu yang menggunakan Platform

Trafo pada Gardu Cantol dapat berupa trafo satu fasa atau 1 buah trafo 3 fasa. Pada gardu distribusi yang menggunakan trafo satu fasa, gardu jenis ini telah dilengkapi pengaman yang berupa pelebur (fuse) TM dan pemutus (circuit Breaker) TR. Gardu Tiang sangat cocok digunakan untuk beban-beban daerah yang sangat padat seperti perumahan-perumahan, pertokoan, dan lain-lain.

Kapasitas Gardu Tiang lebih kecil dibandingkan dengan Gardu Beton maupun Gardu Metal Clad. Kapasitas Gardu Tiang biasanya dibatasi sampai 250 kVA. Pembangunan Gardu Tiang lebih cepat, mudah dan biayanya lebih murah dibandingkan Gardu Beton dan Gardu Metal Clad.

b. Gardu Beton

Gardu Distribusi jenis beton merupakan peralatan Gardu Distribusi yang dipasang dalam bangunan dari beton. Gardu beton memiliki kapasitas lebih besar dari Gardu Tiang dan gardu Metal Clad dan dapat juga dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Kerugian Gardu Beton ini adalah memerlukan tempat yang luas dan biaya lebih mahal serta pembangunannya yang lebih mahal. Gardu ini pada umumnya digunakan untuk daya yang besar, sehingga pada Gardu Beton ini dapat diletakkan beberapa trafo. Keuntungannya adalah peralatan yang ada didalamnya terlindungi dari cuaca dan pengamanannya lebih mudah.

c. Gardu Metal Clad (MC)

Gardu Metal Clad (MC) sebagian besar kontruksinya terbuat dari plat besi dengan bentuk menyerupai kios. Pembuatan gardu MC lebih cepat dibandingkan gardu Beton dan peralatannya merupakan satuan set lengkap.