LPBKondisi : Kredit token pelanggan menjadi nol saat power supply JTM 1 phasa padam.

1. Bila Rayon menerima Laporan keluhan pelanggan dari operator CC123/APKT.
2. Petugas Yantek menyiapkan APD, Material Meter Siaga, Segel serta memakai alat K2.3. Petugas Yantek mendatangi lokasi pelanggan sesuai alamat yang tertera di invoice keluhan.
4. Petugas meminta izin kepada penghuni/pelapor dan menjelaskan maksud
/tujuan kedatangan.
5. Petugas Yantek memeriksa visual MPB ( kondisi : segel, indikator, power dan
LCD).
6. Pada display LCD tampil “PERIKSA“ dan gambar saklar terbuka.
7. Petugas Yantek menekan tombol angka 37 enter untuk mengetahui Saldo kredit kWh.
8. Tanyakan pada pelapor saldo kredit sebelum listrik padam.

9. Petugas Yantek membuka segel pada penutup/cover MPB dengan langkah- langkah berikut :
a. Kendorkan baut cover MPB
b. Lepas cover MPB
c.Kendorkan baut terminal 1 pada MPB
d. Lepas kabel phase TIC pada terminal 1 dan isolasi ujung kabel.
e. Kendorkan baut terminal 4 pada MPB
f. Lepas kabel neutral TIC pada terminal 4
g. Kendorkan baut terminal 3 pada MPB
h. Lepas kabel ground pada MPB
i. Kendorkan baut pengait MPB pada base plate
j. Lepas MPB dari base plate

10. Pasang Meter Siaga dengan kangkah-langkah sbb :
a. Pasang dan kencangkan baut pengait MPB pada base plate
b. Pasang kabel ground pada terminal 3 MPB
c. Kencangkan kabel ground pada terminal 3 MPB
d. Pasang kabel neutral TIC pada terminal 4 MPB
e. Kencangkan kabel neutral TIC pada terminal 4 MPB
f. Kupas isolasi pada ujung kabel TIC
g. Pasang kabel phasa TIC pada terminal 1 MPB
h. Kencangkan kabel phasa TIC pada terminal 1 MPB

i. Lihat display dan lampu indicator MPB hingga kondisi :
i. Di display tampil “PERIKSA” atau gambar saklar terbuka. ii. Indikator power nyala.
iii. Indikator led warna kuning nyala.

j. Pasang cover MPB Siaga dan kencangkan bautnya. k. Inputkan CTT kemudian tekan enter ().

11. Tekan tombol 37 enter  untuk mengetahui saldo kWh.
12. Cek lampu/peralatan listrik yang ada di lokasi pelanggan tsb harus nyala. (kecuali : lampu putus,saklar lampu masih off, pengaman utama putus).
13. Segel cover MPB siaga.
14. Buat BA dan minta tanda tanggan pada penghuni, cantumkan no HP
pelanggan/pelapor.
15. Petugas Yantek mengemasi peralatan, berpamitan dan meninggalkan lokasi pelanggan.
16. Petugas Yantek melaporkan ke SPV dan menyerahkan MPB rusak dari
pelanggan.

17. Petugas Rayon melakukan download saldo kWh sebenarnya dengan cara:
i. Pasang power pada MPBV existing
ii. Nyalakan CPU / Laptop
iii. Pilih software download
iv. Pasang kabel komunikasi
v. Laksanakan proses download

18. Simpan hasil download & cetak hasil.
19. Buat BA kompensasi saldo kWh.
20. Proses kompensasi saldo kWh jika masih ada saldo.
21. Petugas Rayon menginformasikan nomor free issue token kepada pelanggan.
Petugas Rayon melakukan mutasi J MPB eksisting ke MPB baru.
22. Petugas Yantek mengganti Meter Siaga dan memasang MPB Baru di pelanggan seperti langkah pada butir 10.

@Intruksi Kerja Penanganan Gangguan APP Prabayar, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Banten.
Semangat gan :)