desain mobil yantek baruBertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) ke‐68, manajemen PLN meluncurkan kembali kendaraan pelayanan teknik (Yantek) yang dilengkapi dengan aplikasi pengaduan dan keluhan terpadu (APKT) berbasis mobile. Kendaraan Yantek ini secara resmi diterapkan dan diseragamkan untuk seluruh Unit pelayanan PLN di pelosok tanah air.

Sebelumnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bersifat operasional, kendaraan Yantek PLN ini telah digunakan di seluruh Unit PLN. Namun masing‐masing Unit tidak menggunakan kendaraan yantek secara seragam, desainnya dan fiturfiturnya pun berbeda‐beda. Melalui Surat Keputusan Direksi No 0630.K/DIR/2013 tertanggal 11 Oktober 2013 tentang Standarisasi Desain Kendaraan Pelayanan Teknik
di Lingkungan PT PLN (Persero), manajemen PLN membentuk identitas
perusahaan sehingga dapat membantu citra profesionalisme PLN secara keseluruhan. Dan masyarakat pun akan semakin mudah mengenal kendaraan Yantek PLN.

Konsep kendaraan Yantek PLN kali ini adalah: Pertama, Seragam tapi
tetap punya keunikan, yaitu satu bentuk identitas yang penting bagi PLN yang menunjukkan kesamaan dan kesatuan (soliditas) dalam hal semangat, visi dan misi, namun tetap diberi ruang untuk keunikan yang merupakan kebanggaan daerah Unit PLN setempat yang ditampilkan lewat simbol, logo, maskot, dan sebagainya.

Kedua, Profesional, yaitu dengan identitas yang sama akan terlihat bahwa
para petugas / teknisi adalah mereka yang telah terlatih, berasal dari institusi yang establish dan siap melayani masyarakat.

desain mobil yantek baru2

Ketiga, Minimalis, yaitu menampilkan kesederhanaan, efisien namun elegan dan berkelas dari segi estetika. Juga Informatif, yaitu semua hal yang perlu diketahui masyarakat baik komitmen korporat, maupun pelayanan yang tercantum di bodi kendaraan Yantek. Dan Akrab, dekat dengan masyarakat karena dengan menampilkan logo korporat maupun logo produk, desain minimalis dan sederhana, serta informatif, maka dapat membantu menghilangkan jarak dengan masyarakat.

Dalam desain kendaraan Yantek PLN ini terdapat unsur‐unsur Logo PLN
Bersih yang merupakan komitmen PLN bersikap dan berperilaku bersih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada juga logo listrik pintar yang merupakan produk andalan perusahaan, logo contact center PLN 123 yang merupakan produk andalan layanan tanpa batas yang menjadi unggulan perusahaan. Dan setiap unit diperbolehkan menampilkan keunikan lokal PLN setempat baik logo, simbol, maskot
maupun tulisan.

Hal penting yang harus diperhatikan bahwa standardisasi desain kendaraan Yantek PLN mulai diberlakukan sejak pelaksanaan kontrak Yantek yang baru atau paling lambat awal tahun 2014 sudah disesuaikan. ***

pln-kita@pln.co.id

Iklan