safety equipment

Ilustrasi keselamatan kerja ini ane kutif di http://www.anneahira.com/keselamatan-kerja-adalah.htm karna sangat penting sekali, harus diperhatikan gan, apalagi yantek yang sehari2nya kerjanya bergelut dibidang kelistrikan 20kv, mudah2an bermanfaat nih 🙂

apakah anda bekerja dilingkungan berbahaya atau di zona relatif lebih aman? apapun itu keselamatan kerja penting untuk mencegah kecelakaan walau itu diberlakukan daerah kerja yang dinyatakan aman.

karena anda menghabiskan sebagian besar waktu anda ditempat kerja anda, itu harus aman sehingga tidak ada ancaman bagi kesehatan yang ditimbulkan. Dengan demikian kesehatan dan keselamatan karyawan keprihatinan utama dari sebuah organisasi.

dalam dunia kerja dan gaya hidup sehat, keselamatan kerja adalah salahsatu point penting untuk menjagakeberadaan pekerja dan kelangsungan pekerjaan. dengan memperhitungkan faktor keselamatan kerja, maka kita dapat bertahan dan mempertahankan hidup dengan lebih baik.

Secara harfiah, Keselamatan Kerja adalah segala upaya yang kita lakukan untuk mencegah, menanggulangi dan menangani setiap hal yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja adalah semua kondisi negatif yang terjadi pada saat kita melakukan kegiatan.

tidak ada yang menginginkan celaka pada saat melakukan kegiatan. semua orang selalu berharap agar setiap pekerjaan yang ditangani terselesaikan baik dan tidak mengancam keselamatan diri. oleh karena itu program keselamatan kerja adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi.

banyak kecelakaan kerja terjadi karena pekerja tidak mengindahkan segala tata aturan keselamatan kerja.

Tidak Seorang Pun Ingin Celaka

setiap jenis pekerjaan selalu memiliki resiko. anda tidak dapat menghindar dari semua itu. jika bekerja, maka selain keuntungan yang di dapatkan berupa upah, namun kebuntungan bisa menghadang jika tidak hati2 dalam bekerja.

tidak ada orang yang ingin celaka!! itu adalah sebuah kondisi yang diharapkan setiap orang. pada saat mereka melakukan pekerjaan, yang mereka inginkan adalah pekerjaan selesai dan mereka tidak celaka dalam pekerjaan tersebut.

pemahaman atas keselamatan kerja adalah kebutuhan paling utama. setiap orang harus bener2 memahami masalah keselamatan kerja. setiap pekerja harus memahami bagaimana dan apa itu keselamatan kerja sehingga pada saat menghadapi kondisi tertentu segera dapat mengambil langkah penanganan yang tepat dan cepat.

Hal-Hal Terkait Keselamatan Kerja

sebenernya, setiap pekerja sudah dibekali pengetahuan mengenai keselamatan kerja. pada saat mereka mempelajari setiap alat dan proses kerja yang dilakukan, maka pada saat itu mereka mendapatkan informasi penting terhadap keselamatan kerjanya.

pengetahuan keselamatan kerja diperoleh dari membaca, dari penjelasan orang yang berpengalaman, atau dari pengalaman tidak langsung yang pernah terjadi pada orang lain.

untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, maka harus diketahui hal2 tepat pada saat pengkondisian keselamatan kerja ini. langkah2 ini sangat penting agar setiap langkah bener2 efektif. kecelakaan kerja sering terjadi karena kurang paham nya pekerja dalam menentukan langkah2 penyelamatan diri saat bekerja.

Berikut tips menciptakan keselamatan kerja :
– Lakukan pekerjaan sesuai kompetensi, artinya bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. jangan melakukan sesuatu yang tidak dikuasai.
– Mintalah petunjuk pada seorang ahli untuk suatu pekerjaan yang akandikerjakan.
– Lakukan setiap pekerjaan sesuai prosedur yang berlaku, jangan melakukan pekerjaan secara acak.
– Berlatihlah dulu terkait dengan pekerjaan tersebut sebelum melakukannya.
– Jangan banyak berkelakar ditempat kerja.

Isu Kesehatan dan Keselamatan Isu di Tempat Kerja

Memahami pentingnya keselamatan ditempat kerja harus menjadi perhatian dari manajemen. norma2 tertentu yang menetapkan seorang individu harus tau untuk memastikan keselamatan diri. harus ada pengaturan untuk pertolongan pertama dan pelayanan kesehatan juga.

frekuensi kecelakaan terjadi karena kelalaian dalam langkah2 keamanan telah dilaporkan untuk sebagian besar. jika langkah2 keamanan yang dijalankan dengan benar, maka biaya yang dikeluarkan dalam pemulihan juga bisa dihilangkan karena kemungkinan kecelakaan yang sangat berkurang.

pada akhirnya keselamatan kerja adalah tanggung jawab untuk mengetahui aturan keamanan yang berlaku dan belajar bagaimana untuk melaksanakannya.

Semoga bermanfaat gan 😀 ingat SOP dilaksanakan, semoga aman 🙂

Iklan