Beranda

Meningkatkan Kinerja Yantek [Oleh M. Dahlan Alam]

Tinggalkan komentar


baru inget ane gan, dari kemaren ane mau berbagi info ini nih, waduuhhh lupa uy, hehehe πŸ˜€ mumpung inget mau disharing nih, ya siapa tau bermanfaat 😎

yang mau ane bagiin yaitu materi yang ane dapet waktu kemaren Raker [Rapat Kerja] Yantek di Wira Carita-Labuan, mengenai Meningkatkan Kinerja Yantek yang ditulis oleh Bpk. M. Dahlan Alam [Beliau sekarang menjabat sebagai Manager PT.PLN Area Banten Utara],

kemaren Beliau jadi pemateri saat kita Raker gan, yaitu memberikan materi ini, yang secara singkat dalam Meningkatkan Kinerja Yantek ada 3 Kerangka Project yang dibahas gan, yaitu Technical System [TS], Management Infrastruktur [MI] dan Mindset Capabilities And Leadership [MCL] yang akan ane coba jelasin satu2 gan, simak yah πŸ˜€

_Technical System [TS]

1). Melakukan evaluasi penyebab gangguan tertinggi dari beberapa penyulang.
2). Menyusun rencana kegiatan program sterilisasi penyulang.
3). Melakukan sosialisasi kegiatan sterilisasi penyulang yang ada diwilayahnya atau rayon2.
4). Memahami rencana kerja yang diberikan PLN untuk ditindaklanjuti serta membuat Program Rencana pelaksanaan dilapangan antara lain checlist mingguan.
5). Mencatat semua kejadian gangguan dalam database dengan baik sehingga mudah untuk bahan Analisa dan Evaluasi untuk tindakan korektifnya.
6). Laporkan setiap kegiatan ke PLN Area terkait secara tertulis/email untuk dibahas bersama.
7). Menyusun rencana tindaklanjut kegiatan korektif agar tidak terjadi gangguan berulangΒ  pada penyulang yang sama.

_Management Infrastruktur [MI]

1). Lakukan pertemuan rutin mingguan untuk monitoring gangguan yang sudah maupun dalam pelaksanaan.
2). Mengusulkan ke PLN untuk membangun sistem SCADA untuk mempercepat pelayanan.
3). Upayakan terus preventif ROW seluruh penyulang serta buat peta pohon.

_Mindset Capabilities And Leadership [MCL]

1). Merubah dan meningkatkan pola pikir pelaksana Yantek dengan melakukan COC sebelum dan sesudah bekerja.
2). Senantiasa setiap minggu melakukan CMC.
3). Berikan kesempatan kepada pegawai untuk meningkatkan soft/hard skill pegawai untuk bekerja secara efektif.

nah demikian yang dapat disampaikan, mudah2an materinya bermanfaat gan, kita bisa terapkan atau aplikasikan langsung dalam kegiatan sehari2 untuk tujuan meningkatkan kinerja yang lebih baik πŸ™‚

Semangat gan πŸ˜€

Iklan

Penyulang Salada Rayon Malingping Memang Juara Banget Tuhhh.. :D

2 Komentar


Penyulang Salada, hmmm namanya sama dengan Salada [nama sayuran] πŸ˜€ tapi jangan salah gan, salada kan mantep tuh buat bumbu masak, ini juga sama, mantep juga penyulangnya 😎

ane ceritain dikit nih mengenai penyulang Salada πŸ™‚
Namanya Penyulang Salada, panjang nya 310,7 kms [mantep tuh.. πŸ˜€ ], wilayah Rayon Malingping, meliputi kantor wilayah Munjul dan Cikeusik, jadi dipelihara oleh 2 kantor pelayanan [kp] gan, yaitu kp.cikeusik dan kp.munjul.

Rute nya wiiihhh ngeri gan, banyak daerah yang ga bisa dilaluin kendaraan bermobil dan bermotor, musti jalan tuh pemeliharaannya, apalagi musim hujan, udah dah nyerah 😦 mana panjang kan penyulangnya.. 😦 jalannya banyak yang ancur..wow kitu welah, jadi 65% bisa pake mobil, 20% pake motor, sisanya 15% jalan kaki..

dulu pas ane disini [masuk yantek] penyulang ini sering trip/padam nya gan, dulu ane bertugas sebagai operator teknik Rayon Rangkasbitung [loh ini kan Rayon Malingping, ga nyambung euy πŸ˜€ πŸ˜€ ], maksud ane kan biarpun ane bertugas dirangkas tapi radio komunikasi Banten Selatan 1 channel gan, yaitu channel 3, ane suka monitorin apabila musim hujan penyulang salada dalam 1 hari bisa trip/padam nyampe 3-4kali/hari nya.. 😦 😦

pokona sibuk welah diradio gan, sampeka haliwu ceuk bahasa orang dieu mah [haliwu = riweuh] πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

tapi biarpun gituh, biarpun dikatakan sebagai penyulang primadona trip atau masuk dalam kategori penyulang sakit [penyulang yang sering padam], itu masa lalu gan, masa lalu buat cerminan kita ke depan, bisa dibuktikan donk sekarang gimana ampuhnya penyulang Salada πŸ™‚ πŸ™‚

sekarang kita ga pernah denger lagi penyulang salada trip gan, yesyesyes, horeeee :mrgreen: [atoh pisan, bangga gituh πŸ˜€ ], jempling diradio gan, pastinya gan ada rahasia dibalik udang, eh batu [loh :mrgreen: ], temen2 cikeusik dan munjul bisa istirahat santai sekarang mah gan, beurang gawe cape, peting sare tibra, dan hasilnya sekarang, malahan beurang peuting istirahat santaiiiii πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ™‚ 😎 :mrgreen:

ya alhamdulilah berkat kerja keras semuanya gan, temen2 Yantek Cikeusik dan Yantek Munjul yang terus kompak dan semangat terus dalam meningkatkan kinerja pasokan jaringan handal, yang terus didukung oleh PLN Rayon Malingping yang setia memberikan motivasi dan semangat, alhamdulilah terbukti gan πŸ™‚

kita pelihara dari sisi preventifnya, lebih ditingkatkan dan digiatkan terus, baik preventif dari ROW nya, maupun preventif dari Inspeksi Jaringannya, mulai dari penebangan/pemangkasan pohon, perubahan kontruksi yang salah, jumper yang dekat kita perbaiki, serta peralatan lainnya yang bisa menimbulkan padam kita perbaiki juga gan..

alhasil dengan kerja keras dan kekompakan baik dari temen2 yantek dan PLN Rayon Malingpingnya insya Alloh pasti berhasil gan, lagian utamanya adalah peran komunikasi dan kordinasi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik πŸ™‚

ada teknik2 kerja yang kita gunakan juga gan, mau?? hehehe ntar ane bagi gan, dishare kan program yang kita laksanakan seperti apa πŸ˜€

nah terima kasih untuk PLN Rayon Malingping atas dukungannya [Bpk. H. Dodi Ismaya selaku Manager] beserta jajarannya, kordinator yantek Malingping [Om Agus Purwadi], temen2 yantek Cikeusik -> ane absen πŸ˜€ [Kang Evi Suhaepi/kepala regu, kang Aceng Sahroni, kang Edi Kurnia, kang Ihsan Januarsah, Kang Suherlan, kang Juhdi B.Humaedi, kang Ruslan Basri, kang Sanip dan kang Suharni],

dilanjut temen2 yantek Munjul [kang Dede Sulaiman/kepala regu, kang Acep Sofyan, kang Ade Suhendra, kang Amir Mahmud, kang Anab, kang Emul Mulyana, kang Juanda, kang Ropiyudin dan kang Utom Muhtar].

Semoga penyulang salada terus aman, dan untuk penyulang yang lainnya juga tetep aman dan terpelihara, kita yakin semuanya pasti bisa gan, semangattttt πŸ™‚ maghrib dulu gan, kita sholat yuk, selamat menjalankan ibadah maghrib aja πŸ™‚

Salam Yantek.

KISAH NYATA : TERNYATA SUAMIKU TAK PERNAH MENCINTAIKU [Sedih gan :(]

70 Komentar


Ane akan ceritain kisah yang menggugah hati gan 😦 ane ambil di pesbuk/sudah tahukan anda, simak nya πŸ™‚

Kehidupan pernikahan kami awalnya baik-baik saja menurutku. Meskipun menjelang pernikahan selalu terjadi konflik, tapi setelah menikah Mario tampak baik dan lebih menuruti apa mauku.

Kami tidak pernah bertengkar hebat, kalau marah dia cenderung diam dan pergi ke kantornya bekerja sampai subuh, baru pulang ke rumah, mandi, kemudian mengantar anak kami sekolah. Tidurnya sangat sedikit, makannya pun sedikit. Aku pikir dia workaholic.

Dia menciumku maksimal 2x sehari, pagi menjelang kerja, dan saat dia pulang kerja, itupun kalau aku masih bangun. Karena waktu pacaran dia tidak pernah romantis, aku pikir, memang dia tidak romantis, dan tidak memerlukan hal-hal seperti itu sebagai ungkapan sayang.

Kami jarang ngobrol sampai malam, kami jarang pergi nonton berdua, bahkan makan berdua di luarpun hampir tidak pernah. Kalau kami makan di meja makan berdua, kami asyik sendiri dengan sendok garpu kami, bukan obrolan yang terdengar, hanya denting piring yang beradu dengan sendok garpu.

Kalau hari libur, dia lebih sering hanya tiduran di kamar, atau main dengan anak-anak kami, dia jarang sekali tertawa lepas. Karena dia sangat pendiam, aku menyangka dia memang tidak suka tertawa lepas.

Aku mengira rumah tangga kami baik-baik saja selama 8 tahun pernikahan kami. Sampai suatu ketika, disuatu hari yang terik, saat itu suamiku tergolek sakit di rumah sakit, karena jarang makan, dan sering jajan di kantornya, dibanding makan di rumah, dia kena typhoid, dan harus dirawat di RS, karena sampai terjadi perforasi di ususnya.

Pada saat dia masih di ICU, seorang perempuan datang menjenguknya. Dia memperkenalkan diri, bernama Meisha, temannya Mario saat dulu kuliah.

Meisha tidak secantik aku, dia begitu sederhana, tapi aku tidak pernah melihat mata yang begitu cantik seperti yang dia miliki. Matanya bersinar indah, penuh kehangatan dan penuh cinta, ketika dia berbicara, seakan-akan waktu berhenti berputar dan terpana dengan kalimat-kalimatnya yang ringan dan penuh pesona.

Setiap orang, laki-laki maupun perempuan bahkan mungkin serangga yang lewat, akan jatuh cinta begitu mendengar dia bercerita.

Meisha tidak pernah kenal dekat dengan Mario selama mereka kuliah dulu, Meisha bercerita Mario sangat pendiam sehingga jarang punya teman yang akrab.

5 bulan lalu mereka bertemu, karena ada pekerjaan kantor mereka yang mempertemukan mereka. Meisha yang bekerja di advertising akhirnya bertemu dengan Mario yang sedang membuat iklan untuk perusahaan tempatnya bekerja.

Aku mulai mengingat-ingat 5 bulan lalu ada perubahan yang cukup drastis pada Mario, setiap mau pergi kerja, dia tersenyum manis padaku, dan dalam sehari bisa menciumku lebih dari 3x.

Dia membelikan aku parfum baru, dan mulai sering tertawa lepas. Tapi di saat lain, dia sering termenung di depan komputernya. Atau termenung memegang Hp-nya. Kalau aku tanya, dia bilang, ada pekerjaan yang membingungkan.

Suatu saat Meisha pernah datang pada saat Mario sakit dan masih dirawat di RS. Aku sedang memegang sepiring nasi beserta lauknya dengan wajah kesal, karena Mario tidak juga mau aku suapi. Meisha masuk kamar, dan menyapa dengan suara riangnya,

“Hai Rima, kenapa dengan anak sulungmu yang nomor satu ini? Tidak mau makan juga? Uhh dasar anak nakal, sini piringnya, lalu dia terus mengajak Mario bercerita sambil menyuapi Mario, tiba-tiba saja sepiring nasi itu sudah habis di tangannya. Dan aku tidak pernah melihat tatapan penuh cinta yang terpancar dari mata suamiku, seperti siang itu, tidak pernah seumur hidupku yang aku lalui bersamanya, tidak pernah sedetikpun!”

Hatiku terasa sakit, lebih sakit dari ketika dia membalikkan tubuhnya membelakangi aku saat aku memeluknya dan berharap dia mencumbuku.

Lebih sakit dari rasa sakit setelah operasi caesar ketika aku melahirkan anaknya. Lebih sakit dari rasa sakit, ketika dia tidak mau memakan masakan yang aku buat dengan susah payah.

Lebih sakit daripada sakit ketika dia tidak pulang ke rumah saat ulang tahun perkawinan kami kemarin. Lebih sakit dari rasa sakit ketika dia lebih suka mencumbu komputernya dibanding aku.

Tapi aku tidak pernah bisa marah setiap melihat perempuan itu.

Meisha begitu manis, dia bisa hadir tiba-tiba, membawakan donat buat anak-anak, dan membawakan ekrol kesukaanku.

Dia mengajakku jalan-jalan, kadang mengajakku nonton.

Kali lain, dia datang bersama suami dan ke-2 anaknya yang lucu-lucu.

Aku tidak pernah bertanya, apakah suamiku mencintai perempuan berhati bidadari itu? Karena tanpa bertanya pun aku sudah tahu, apa yang bergejolak di hatinya.

Suatu sore, mendung begitu menyelimuti Jakarta, aku tidak pernah menyangka, hatikupun akan mendung, bahkan gerimis kemudian.

Anak sulungku, seorang anak perempuan cantik berusia 7 tahun, rambutnya keriting ikal dan cerdasnya sama seperti ayahnya. Dia berhasil membuka password email Papa nya, dan memanggilku, “Mama, mau lihat surat papa buat tante Meisha?”

Aku tertegun memandangnya, dan membaca surat elektronik itu,

Dear Meisha,

Kehadiranmu bagai beribu bintang gemerlap yang mengisi seluruh relung hatiku, aku tidak pernah merasakan jatuh cinta seperti ini, bahkan pada Rima. Aku mencintai Rima karena kondisi yang mengharuskan aku mencintainya, karena dia ibu dari anak-anakku. Ketika aku menikahinya, aku tetap tidak tahu apakah aku sungguh-sungguh mencintainya. Tidak ada perasaan bergetar seperti ketika aku memandangmu, tidak ada perasaan rindu yang tidak pernah padam ketika aku tidak menjumpainya.

Aku hanya tidak ingin menyakiti perasaannya. Ketika konflik-konflik terjadi saat kami pacaran dulu, aku sebenarnya kecewa, tapi aku tidak sanggup mengatakan padanya bahwa dia bukanlah perempuan yang aku cari untuk mengisi kekosongan hatiku. Hatiku tetap terasa hampa, meskipun aku menikahinya. Aku tidak tahu, bagaimana caranya menumbuhkan cinta untuknya, seperti ketika cinta untukmu tumbuh secara alami, seperti pohon-pohon beringin yang tumbuh kokoh tanpa pernah mendapat siraman dari pemiliknya.

Seperti pepohonan di hutan-hutan belantara yang tidak pernah minta disirami, namun tumbuh dengan lebat secara alami. Itu yang aku rasakan.

Aku tidak akan pernah bisa memilikimu, karena kau sudah menjadi milik orang lain dan aku adalah laki-laki yang sangat memegang komitmen pernikahan kami. Meskipun hatiku terasa hampa, itu tidaklah mengapa, asal aku bisa melihat Rima bahagia dan tertawa, dia bisa mendapatkan segala yang dia inginkan selama aku mampu.

Dia boleh mendapatkan seluruh hartaku dan tubuhku, tapi tidak jiwaku dan cintaku, yang hanya aku berikan untukmu. Meskipun ada tembok yang menghalangi kita, aku hanya berharap bahwa engkau mengerti, you are the only one in my heart.

Yours,

Mario

Mataku terasa panas. Jelita, anak sulungku memelukku erat.

Meskipun baru berusia 7 tahun, dia adalah malaikat jelitaku yang sangat mengerti dan menyayangiku.

Suamiku tidak pernah mencintaiku.

Dia tidak pernah bahagia bersamaku.

Dia mencintai perempuan lain.

Aku mengumpulkan kekuatanku.

Sejak itu, aku menulis surat hampir setiap hari untuk suamiku.

Surat itu aku simpan di amplop, dan aku letakkan di lemari bajuku, tidak pernah aku berikan untuknya.

Mobil yang dia berikan untukku aku kembalikan padanya.

Aku mengumpulkan tabunganku yang kusimpan dari sisa-sisa uang belanja, lalu aku belikan motor untuk mengantar dan menjemput anak-anakku.

Mario merasa heran, karena aku tidak pernah lagi bermanja dan minta dibelikan bermacam-macam merek tas dan baju. Aku terpuruk dalam kehancuranku. Aku dulu memintanya menikahiku karena aku malu terlalu lama pacaran, sedangkan teman-temanku sudah menikah semua. Ternyata dia memang tidak pernah menginginkan aku menjadi istrinya.

Betapa tidak berharganya aku. Tidakkah dia tahu, bahwa aku juga seorang perempuan yang berhak mendapatkan kasih sayang dari suaminya? Kenapa dia tidak mengatakan saja, bahwa dia tidak mencintai aku dan tidak menginginkan aku? Itu lebih aku hargai daripada dia cuma diam dan mengangguk dan melamarku lalu menikahiku. Betapa malangnya nasibku.

Mario terus menerus sakit-sakitan, dan aku tetap merawatnya dengan setia. Biarlah dia mencintai perempuan itu terus di dalam hatinya. Dengan pura-pura tidak tahu, aku sudah membuatnya bahagia dengan mencintai perempuan itu. Kebahagiaan Mario adalah kebahagiaanku juga, karena aku akan selalu mencintainya.

———-

Setahun kemudian

Meisha membuka amplop surat-surat itu dengan air mata berlinang.

Tanah pemakaman itu masih basah merah dan masih dipenuhi bunga.

“Mario, suamiku… Aku tidak pernah menyangka pertemuan kita saat aku pertama kali bekerja di kantormu, akan membawaku pada cinta sejatiku. Aku begitu terpesona padamu yang pendiam dan tampak dingin. Betapa senangnya aku ketika aku tidak bertepuk sebelah tangan.

Aku mencintaimu, dan begitu posesif ingin memilikimu seutuhnya. Aku sering marah, ketika kamu asyik bekerja, dan tidak memperdulikan aku. Aku merasa di atas angin, ketika kamu hanya diam dan menuruti keinginanku Aku pikir, aku si puteri cantik yang diinginkan banyak pria, telah memenuhi ruang hatimu dan kamu terlalu mencintaiku sehingga mau melakukan apa saja untukku.

Ternyata aku keliru, aku menyadarinya tepat sehari setelah pernikahan kita. Ketika aku membanting hadiah jam tangan dari seorang teman kantor dulu yang aku tahu sebenarnya menyukai Mario.

Aku melihat matamu begitu terluka, ketika berkata, “kenapa, Rima? Kenapa kamu mesti cemburu? Dia sudah menikah, dan aku sudah memilihmu menjadi istriku?”

Aku tidak perduli, dan berlalu dari hadapanmu dengan sombongnya.

Sekarang aku menyesal, memintamu melamarku. Engkau tidak pernah bahagia bersamaku. Aku adalah hal terburuk dalam kehidupan cintamu. Aku bukanlah wanita yang sempurna yang engkau inginkan.

Istrimu

Rima

Di surat yang lain,

“Kehadiran perempuan itu membuatmu berubah, engkau tidak lagi sedingin es. Engkau mulai terasa hangat, namun tetap saja aku tidak pernah melihat cahaya cinta dari matamu untukku, seperti aku melihat cahaya yang penuh cinta itu berpendar dari kedua bola matamu saat memandang Meisha.”

Di surat yang kesekian,

“Aku bersumpah, akan membuatmu jatuh cinta padaku.

Aku telah berubah, Mario. Engkau lihat kan, aku tidak lagi marah-marah padamu, aku tidak lagi suka membanting-banting barang dan berteriak jika emosi. Aku belajar masak, dan selalu kubuatkan masakan yang engkau sukai. Aku tidak lagi boros, dan selalu menabung. Aku tidak lagi suka bertengkar dengan ibumu. Aku selalu tersenyum menyambutmu pulang ke rumah. Dan aku selalu meneleponmu, untuk menanyakan sudahkah kekasih hatiku makan siang ini? Aku merawatmu jika engkau sakit, aku tidak kesal saat engkau tidak mau aku suapi, aku menungguimu sampai tertidur di samping tempat tidurmu, di rumah sakit saat engkau dirawat, karena penyakit pencernaanmu yang selalu bermasalah. Meskipun belum terbit juga, sinar cinta itu dari matamu, aku akan tetap berusaha dan menantinya.”

Meisha menghapus air mata yang terus mengalir dari kedua mata indahnya dipeluknya Jelita yang tersedu-sedu di sampingnya.

Di surat terakhir, pagi ini…

“Hari ini adalah hari ulang tahun pernikahan kami yang ke-9. Tahun lalu engkau tidak pulang ke rumah, tapi tahun ini aku akan memaksamu pulang, karena hari ini aku akan masak, masakan yang paling enak sedunia. Kemarin aku belajar membuatnya di rumah Bude Tati, sampai kehujanan dan basah kuyup, karena waktu pulang hujannya deras sekali, dan aku hanya mengendarai motor.

Saat aku tiba di rumah kemarin malam, aku melihat sinar kekhawatiran di matamu. Engkau memelukku, dan menyuruhku segera ganti baju supaya tidak sakit.

Tahukah engkau suamiku,

Selama hampir 15 tahun aku mengenalmu, 6 tahun kita pacaran, dan hampir 9 tahun kita menikah, baru kali ini aku melihat sinar kekhawatiran itu dari matamu, inikah tanda-tanda cinta mulai bersemi di hatimu?

Jelita menatap Meisha, dan bercerita,

“Siang itu Mama menjemputku dengan motornya, dari jauh aku melihat keceriaan di wajah mama, dia terus melambai-lambaikan tangannya kepadaku.

Aku tidak pernah melihat wajah yang sangat bersinar dari mama seperti siang itu, dia begitu cantik. Meskipun dulu sering marah-marah kepadaku, tapi aku selalu menyayanginya.

Mama memarkir motornya di seberang jalan, ketika mama menyeberang jalan, tiba-tiba mobil itu lewat dari tikungan dengan kecepatan tinggi aku tidak sanggup melihatnya terlontar tante. Aku melihatnya masih memandangku sebelum dia tidak lagi bergerak Jelita memeluk Meisha dan terisak-isak. Bocah cantik ini masih terlalu kecil untuk merasakan sakit di hatinya, tapi dia sangat dewasa.

Meisha mengeluarkan selembar kertas yang dia print tadi pagi. Mario mengirimkan email lagi kemarin malam, dan tadinya aku ingin Rima membacanya.”

Dear Meisha,

Selama setahun ini aku mulai merasakan Rima berbeda, dia tidak lagi marah-marah dan selalu berusaha menyenangkan hatiku. Dan tadi, dia pulang dengan tubuh basah kuyup karena kehujanan, aku sangat khawatir dan memeluknya. Tiba-tiba aku baru menyadari betapa beruntungnya aku memiliki dia. Hatiku mulai bergetar. Inikah tanda-tanda aku mulai mencintainya?

Aku terus berusaha mencintainya seperti yang engkau sarankan, Meisha. Dan besok aku akan memberikan surprise untuknya, aku akan membelikan mobil mungil untuknya, supaya dia tidak lagi naik motor ke mana-mana. Bukan karena dia ibu dari anak-anakku, tapi karena dia belahan jiwaku.

Meisha menatap Mario yang tampak semakin ringkih, yang masih terduduk disamping nisan Rima. Di wajahnya tampak duka yang dalam. Semuanya telah terjadi, Mario.

Kadang kita baru menyadari mencintai seseorang, ketika seseorang itu telah pergi meninggalkan kita.

Pohon Beringin yang Menyeramkan di Arah PMR Sawit [Bareng Kang Maman & Yantek Malingping]

Tinggalkan komentar


Assalamualaikum Wr.Wb, gimana sehat gan? πŸ™‚ mudah2an sehat walafiat dan semoga hari ini bisa menjadi hari yang menyenangkan, dan semangat terus gan 😎

postingan kali ini, ane mau ngebahas pemangkasan pohon beringin di arah PMR Sawit, wilayah kerja yantek Rayon Malingping gan, yang konon katanya pohon tersebut menyeramkan gan, 😦 wahhh, ane ceritain dikit nih..

Pohon tersebut udah berumur ratusan tahun gan, jadi udah tua banget..kalo di sambungin dengan hal2 mistis, wiiihhh serem gan 😦 boleh percaya atau ga, masyarakat sekitar suka bilang banyak kejadian2 aneh yang dialamin disana,

Misal ada orang yang berani nebang tuh pohon, besoknya langsung gatal2, atau pas lagi nebang tiba2 pingsan, waduuhh..yang parahnya ada yang sampai meninggal gan, innalillahi.. [aneh nya … ???? 😦 ]

Kata mereka pohon tersebut ada penunggunya gan, hihihihi πŸ˜€ πŸ˜€ , makanya ga ada orang yang berani mangkas tuh pohon, apalagi nebang, pengennya jauh2 aja dari tuh pohon, hehehe..

nah difoto diatas ada Pa Edi yang sedang kordinasi mengenai pohon tersebut, rencananya kita akan tebang, tapi masyarakat sana tidak mengijinkan [yang diwakilin sama abah], dengan alasan ya begitulah… [ya kitu welah πŸ˜€ ].

ya akhirnya kita sepakat untuk dipangkas aja tuh pohon, walaupun sebelumnya tau bahwa tuh cerita pohon kalo dipangkas menyeramkan, tapi kita berlindung aja dan yakin ke Alloh SWT gan, kita mah niatnya baik ko, demi kebaikan bersama juga inih πŸ™‚ πŸ™‚

liat aja tuh gan foto pohonnya seremmm, hihii 😦 sangat dekat sekali ke jaringan SUTM, sangat bahaya juga, ya akhirnya kita pangkas aja dan Bismillah…

kita bareng kang Maman dari sini gan, kang Maman ituh yantek Rayon Pandeglang yang ikut membantu mengenai masalah hal2 yang aneh2 kayak gini gan, kang Maman asli orang sini, dan sangat tau dan paham mengenai hal2 tersebut, makanya langsung di akut ke mobil aja kang Maman nya di bawa ke Malingping, hehehehehe :mrgreen:

ya Alhamdulilah yang sebelumnya kita adain doa bersama akhirnya tuh pohon bisa dipangkas dengan tidak terjadi hal2 yang menyeramkan, alhamdulilahh, horeeeee πŸ™‚ πŸ™‚

masyarakat sana juga banyak yang membantu gan, mulai dari ibu2, emak2, pemuda, kakek2 juga ada, anak2, ada pa Polisi juga yang hadir, ada embe juga [hehehe yang sedang makan rumput gan] loh ..??? πŸ˜€

tuh hasilnya dapat diliat difoto gan, alhamdulilah sih yang deket/yang mendekati jaringan udah kita bebaskan, pohonya lumayan gede serta licin gan, jadi agak lama pengerjaanya, tapi over all siiippplahhh πŸ™‚

nah kesimpulannya segala sesuatu itu ada jalannya gan, dengan kejadian seperti ini atau cerita yang ane bagiin tadi, walaupun orang bilang itu inih ieu eta dan sebagainya, ya kita mah percaya aja ama Alloh yang Maha Kuasa gan, tapi tetep harus waspada juga, jadi ga asal atau gegabah juga,

demikian gan, ane rencana mau ke tangerang kalo jadi, kalo diajak eta ge, hahahaha.. tapi ga ada yang mau disampaikan juga, jadi mau gapain kesana ge, hahaha, teuing ah, eh kan mau ngobrol kalo ketemu ama…. #sensor πŸ˜€ jadi mau siap2 nih, baiklah hayooo semangat gan πŸ™‚ 😎

Sawarna -> Little Hula-Hula Cottage & Cafe [Promosiin Penginapanya Om Farid] hehee..

11 Komentar


 

Hehehe :mrgreen: [datang2 ane langsung nyengir aja nih gan] πŸ˜€ , ya lagi happy aja nih gan, alhamdulilah nya sesuatu eh siswanto πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

nah ane mau ngapain uy poho deui, oh iya bagi temen2 yang mau liburan nih, kalo yang belum pada dapet tempat tujuan wisata, atau lagi mikir2 kemana harus berangkat, kemana arah dan tujuan nya, ga usah bingung2, pas banget kalo temen2 lagi baca postingan ane inih, hehehe πŸ™‚

ini dia Sawarna, Pantai Asyik yang pernah ane kunjungin, tepatnya di daerah Bayah-Malingping gan, yang sebelumnya udah ane posting tuh tentang keindahan pantai sawarna, klik aja link ini πŸ˜€

Seru kan, dah diliat belum [hehehe maksa πŸ˜€ ], iya gan memang betul, kemaren pas hari libur ane kesana bareng temen2 ane, ada ane [Abuy], Densu, Risma ama Suci + ditemenin Om Farid..

Pokona mah waahhh mantep banget dah πŸ˜€

nah sesuai dengan judul postingan ane, Sawarna -> Little Hula-Hula Cottage & Cafe, adalah tempat penginapan yang ada di sawarna, banyak fasilitas yang di dapat, ada AC, TV dan lain2 [om udah ane promosiin nih πŸ˜€ ], ditambah kasur spring bed, trus ada beberapa type juga, untuk kisaran harganya per-hari mulai dari 300rb s/d 1juta..

untuk pemesanan silahkan hubungin no yang tertera di gambar yg paling atas ituh gan, yang foto modelnya anu kasep tea gening, abuy tea gituh, hahahahahahahaha.. πŸ˜€ πŸ˜€ :mrgreen: ane ulang lagi, temen2 bisa ngehubungin ke no inih 0816 4699 2036 atau 087 771 133 879, atau ga bisa hubungin ane juga gan, nah itu cottage miliknya Om Farid, temen ane yang baik hati gan πŸ˜€ [tuh om dah 3x dipromosikan πŸ˜€ ]

hehehe..untuk lebih jelasnya gimana kondisi cottage nya kayak gimana, ane postingin nih galery nya, check it out :mrgreen:

 

nah itulah fasilitas yang ditawarkan, ga nyesel ko gan, satu2nya cottage disana yang sedia AC gan, murah lagi, tapi kalo temen2 mau nginep disana jangan mesen nya ngedadak gan, karna tiap hari itu cottage belum pernah sepi, jadi agan kontak dulu ke no.yang ane pajang tadi, kalo ngedadak mah ga bakalan ke bagian,..

okeh gan semoga bisa menjadi salah satu tempat/cottage yang bermanfaat, ayo gan ke sawarna mantep tuh πŸ˜€

Tips Smart Hemat BBM [Bahan Bakar Minyak] Dalam Mengendarai Mobil

Tinggalkan komentar


Nah ane postingin nih buat temen2 semua, tips hemat dalam pemakaian bahan bakar minyak dalam mengendarai mobil 😎

1. lakukan pengisian pada malam hari.
konon, ternyata 1 liter bensin di waktu-waktu tersebut, lebih banyak dibanding kita membeli 1 liter bensin di siang hari. karena suhu dingin di malam dan pagi hari membuat partikel bensin dalam keadaan rapat, sehingga volume yang kita dapat pun jadi lebih banyak. lumayan gan πŸ˜€

2. tangki jangan sampai kosong.
bila jarum fuel meter sudah berada di garis tengah, isi ulang bensin dengan full tank. sebab semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari dan kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin. [nah bagus buat mesin gan, sambil merawat πŸ™‚ ]

3. hindari mendengar musik dengan irama yang menghentak atau matikan tape mobil . sedikit banyak, jenis lagu yang kita dengarkan saat mengemusik berpengaruh pada cara kita memainkan gas dan bermanuver. pilihlah yang sedikit berirama slow atau dengarkan radio dengan pilihan lagu bervariasi. cara lain, turunkan volume suara atau matikan saja tape mobil. [padahal ane suka kenceng2 gan kalo ngemusik di mobil πŸ˜€ ] πŸ˜€ πŸ˜€

4. dengarkan suara mesin. pada saat kecepatan tinggi (jarum r.p.m (revolution per minute) melebihi angka 3 dan mesin mobil akan terdengar menggerung, sebaiknya segera atur perpindahan gigi agar suara jauh “m” (80-96 km/jam) untuk di jalan bebas hambatan. [oh iya iya… :mrgreen: ]

5. hindari overload muatan. traveling by car atau tamasya bersama sejumlah rekan atau keluarga menggunakan mobil, biasanya membuat penuh mobil dengan barang-barang bawaan, sehingga mobil menjadi terbebani dan harus bekerja ekstra. akibatnya kondisi ini bisa mengurangi aerodinamika mobil dan meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga 5%. angkutlah barang atau penumpang secukupnya. [ya tapi bisa patungan gan beli bensin nya kalo banyakan mah, hehehe πŸ˜€ ]

6. matikan mobil saat berhenti lama. matikan mesin mobil bila mobil berhenti lebih dari 5 menit, sebab bensin akan terus dipakai walau mobil dalam kondisi diam sekali pun, minimal matikan a.c. dalam artian memanaskan mesin yang baik cukup 3 menit saja disamping itu membiarkan mobil menyala dalam kondisi diam dalam jangka waktu yang lama akan menghasilkan polusi 20 kali lipat lebih banyak dibanding saat melaju dalam kecepatan 51 km/jam. [oh kitu nya, hmmm πŸ™‚ ]

7. no gadget please! selain keselamatan jiwa yang terancam, main gadget saat berkendara bisa mengancam keselamatan kantong. sebab konsentrasi yang terpecah antara mengemudi atau membalas chatting bisa membuat irama mengemudi jadi tidak halus, penggunaan gas dan rem jadi tak terkendali secara teratur. karena semakin sering kita injak pedal gas dan rem secara bergantian dengan irama cepat, berpengaruh terhadap konsumsi bensin. [wah awas gan, betul bahaya sekali nih, kalo memang penting ada telp masuk mendingan berhenti dulu, kalo ga penting mabiarin aja, hahaha πŸ˜€ ]

8. mengemudi dengan riang. mengemudi dengan hati riang membuat pengemudi jauh lebih sabar. seseorang akan lebih banyak mengalah saat berpapasan dengan pengemudi lain dan memperlakukan mobil dengan lebih halus. berbeda bila menyetir dalam keadaan stress, marah, atau kesal, kita jadi kurang sabar di jalanan sehingga gemar memainkan gas dan rem secara tidak beraturan, agar tidak diserobot pengemudi lain. atau, melajukan mobil dengan kecepatan tinggi demi melampiaskan kekesalan. kalau ini tetap dipertahankan isi dompet anda akan tidak tahan sebab mobil kita mengonsumsi bensin lebih boros. [jadi kalo lagi kesel mendingan jangan deh gan πŸ˜€ mending naik mobil umum aja, kalo ga minta anterin temen, hehehe naek ojek ge bisa gan πŸ˜€ ]

9. gunakan A.C sewajarnya. pada saat berjalan di daerah sejuk lebih baik hindari penggunaan a.c dengan pengaturan suhu paling tinggi sebab membuat beban perputaran mesin semakin berat. agar sirkulasi udara di dalam mobil berjalan, bukalah jendela saat memanaskan mobil. menyalakan a.c sebaiknya setelah mesin dihidupkan diatas 4 menit. :mrgreen:

Selamat mencoba, hati2 gan kalo sedang kendarain mobil/motor, semangaattt :mrgreen: sumber : pesbuk/Sudah Tahukah Anda ? πŸ˜€

Gangguan MPB -> Kondisi : di display MPB tampil cacat/tidak sempurna.

2 Komentar


Kondisi : di display MPB tampil cacat/tidak sempurna.

1. Bila Rayon menerima Laporan keluhan pelanggan dari operator CC123/APKT.
2. Petugas Yantek menyiapkan APD, Material Meter Siaga, Segel serta memakai alat K2.
3. Petugas Yantek mendatangi lokasi pelanggan sesuai alamat yang tertera di invoice keluhan.

4. Petugas meminta izin kepada penghuni/pelapor dan menjelaskan maksud/tujuan kedatangan.
5. Petugas Yantek memeriksa visual MPB ( kondisi : segel, indikator, power dan LCD).

6. Petugas Yantek membuka segel pada penutup/cover MPB dengan langkah- langkah berikut :
a. Kendorkan baut cover MPB
b. Lepas cover MPB
c. Kendorkan baut terminal 1 pada MPB
d. Lepas kabel phase TIC pada terminal 1 dan ujung kabel diisolasi
e. Kendorkan baut terminal 4 pada MPB
f. Lepas kabel neutral TIC pada terminal 4
g. Kendorkan baut terminal 3 pada MPB
h. Lepas kabel ground pada MPB
i. Kendorkan baut pengait MPB pada base plate j. Lepas MPB dari base plate

8. Pasang Meter Siaga dengan kangkah-langkah sbb :
a. Pasang dan kencangkan baut pengait MPB pada base plate
b. Pasang kabel ground pada terminal 3 MPB
c. Kencangkan kabel ground pada terminal 3 MPB
d. Pasang kabel neutral TIC pada terminal 4 MPB
e. Kencangkan kabel neutral TIC pada terminal 4 MPB
f. Kupas isolasi pada ujung kabel TIC
g. Pasang kabel phasa TIC pada terminal 1 MPB
h. Kencangkan kabel phasa TIC pada terminal 1 MPB
i. Lihat display dan lampu indicator MPB hingga kondisi :
[i]. Di display tampil β€œPERIKSA” atau gambar saklar terbuka.
[ii]. Indikator power nyala.
[iii]. Indikator led warna kuning nyala.
j. Pasang cover MPB Siaga dan kencangkan bautnya.

9. Inputkan CTT kemudian enter
10. Tekan tombol 37 enter  untuk mengetahui saldo kWh.
11. Cek lampu/peralatan listrik yang ada di lokasi pelanggan tsb harus nyala. (kecuali : lampu putus,saklar lampu masih off, pengaman utama putus).
12. Segel cover MPB.
13. Buat BA dan minta tanda tangan pada penghuni, cantumkan no HP
pelanggan/pelapor.
14. Petugas Yantek mengemasi peralatan, berpamitan dan meninggalkan lokasi pelanggan.
15. Petugas Yantek melaporkan ke SPV dan menyerahkan MPB rusak dari pelanggan.

16. Petugas Rayon melakukan download saldo kWh sebenarnya dengan cara:
a. Pasang power pada MPBV existing
b. Nyalakan CPU / Laptop
c. Pilih software download
d. Pasang kabel komunikasi
e. Laksanakan proses download

17. Simpan hasil download & cetak hasil
18. Buat BA kompensasi saldo kWh
19. Proses kompensasi saldo kWh
20. Kirim Token kompensasi ke pelanggan berupa free issue token.
21. Petugas Rayon memproses mutasi J MPB eksisting ke MPB baru
22. Petugas Yantek mengganti Meter Siaga dan memasang MPB Baru sebagaimana langkah pada butir 8.

@Intruksi Kerja Penanganan Gangguan APP Prabayar, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Banten.
Semangat gan :)

Older Entries