Nah kali ini bagean warunggunung sebagai tujuan utama sasaran kunjungan kita dari management, hehehe😀

kita barengan ber3 gan kesana, ane+bapa, ditambah abah nur, sebagai program rutinitas kita, inih juga sebagai bukti pengawasan management terhadap kantor-kantor cabang, ya sambil sosialisasi gan, hehehe🙂🙂🙂

kita ngebahas masalah komunikasi dan kordinasi gan, begitu pentingnya 2hal tersebut, tak bisa dipisahkan, ane akan bahas sedikit mengenai Peran Komunikasi & Kordinasi Dalam Organisasi/Kegiatan.

Dalam sebuah organisasi pastilah ada sebuah ketua dan staff sebagai jajarannya [kalo di kantor pelayanan berarti ada kepala regu dan temen2nya]. Ini merupakan satu kesatuan struktur untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi dalam organisasi akan bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan adanya komunikasi dan koordinasi baik dari atas kebawahan maupun sesama bidang dan staff. Akan terjadi keheningan jikalau satu sama lain anggota tidak saling berkomunikasi dan koordinasi, bahkan bisa menjadi kesalahpahaman.

Komunikasi merupakan media antar individu untuk saling memberikan informasi baik bisa disampaikan secara lisan maupun media lainnya. Komunikasi begitu sangat penting, karena dalam pelaksanaan suatu organisasi adanya komunikasi membantu dalam memahami apa yang dimaksud dari orang yang menyampaikan. Komunikasi ini juga tidak terlepas dari koordinasi. Komunikasi dan koordinasi menjadi satu kesatuan kerja dalam menjalankan program kerja. Sedangkan koordinasi merupakan hubungan manusia dalam menjalankan tugasnya.

Semua program kerja dapat terselesaikan dengan adanya komunikasi dan koordinasi, maka perlu bantuan orang lain. karena kita tahu bahwa yang dibutuhkan organisasi ini adalah SUPERTIM bukan SUPERMAN. Kalau yang bekerja hanya sendirian tanpa meminta bantuan takkan ada yang mampu melaksanakannya. Satu tusuk lidi saja tidak mampu membersihkan tapi dengan kumpulan banyak lidi mampu membersihkan kotoran yang ada. Itulah organisasi yang baik satu sama lain saling berkomunikasi dan koordinasi dalam bekerja.

Komunikasi ini media untuk saling mengingatkan satu sama lain, apalagi dalam mengingatkan kebaikan. Hubungan interpersonal akan menjadi dekat dan baik jika jalinan komunikasi ini berjalan dengan lancar. Jika kita membayangkan seorang pemimpin tidak mau berkomunikasikan kepada staffnya, akan terjadi rasa diacuh atau tidak dipedulikan. Ini berakibat lama-lama akan meretakkan organisasi. Mungkin organisasi bisa berjalan dengan hanya seorang pemimpin yang melaksanakan sendirian tapi tanpa disadari hanya membuat fungsi organisasi rusak. Hal terburuk yang mungkin tercapai akan berguguran satu demi satu pengurus dan meninggalkan organisasi.

Dalam sebuah organisasi tidak hanya membutuhkan orang yang pandai bicara, bisa dipercaya dan yang aktif tapi butuh orang yang mampu menggerakan kapal organisasi menuju tempat tujuan dengan bekerjasama bersama staff-staffnya. Bahkan jika kapal itu mengalami kebocoran disana-sini, pasti takkan mampu seorang diri untuk menyelesaikan. Staff yang ada akan memberikan kemampuannya untuk melengkapi kekurangan pemimpin yang baik. Maka dari itu perlu ada kerjasama supaya keberhasilan dapat tercapai.

“Komunikasi dan koordinasi kunci luar biasa menjadi ukhuwah yang akan selalu terikat dimanapun dan kapanpun kita berada.”

Ketika hal ini terjadi mari kita bersama-sama untuk saling memperbaiki. Kita lapangkan dada kita dan saling menghargai satu sama lain. Jangan kita pandangan kemampuan orang lain itu rendah, serendah-rendahnya kemampuannya tapi itu yang terkadang kunci sebuah keberhasilan. Hidup untuk saling menghargai satu sama lain akan menciptkan kehidupan yang indah dan ukhuwah bisa terjaga dengan baik. Tidaklah kita memandang siapa kita, dari mana kita, dan ketururan siapa kita, tapi kita kuatkan hubungan persaudaraan dan menjaganya dengan baik. Smoga Dakwah bisa seperti ini dan Allah mempermudah jalan kita.🙂

ane kutip di http:saddamhusein13.blogspot.com/