Gangguan MCB Adalah kondisi dimana MCB tidak dapat difungsikan sebagai pemutus arus.

1). Rayon menerima Laporan keluhan pelanggan dari operator CC123/APKT. Cetak invoice keluhan di APKT. Bila pelanggan datang langsung ke Kantor Rayon, catat nomor meter, idpel, nomor telepon/HP pelapor di APKT lalu cetak invoice keluhan tsb.

2). Petugas Rayon memproses dan atau mencetak CTT (Clear Tamper Token).

3). Petugas Rayon memberikan dan atau menginformasikan CTT, MCB, dan invoice keluhan kepada Petugas Yantek.

4). Petugas Yantek menyiapkan alat dan material kerja serta memakai alat K2.

5). Petugas Yantek mendatangi lokasi pelanggan sesuai alamat yang tertera di invoice keluhan.

6). Petugas Yantek melakukan pengecekan fisik MPB dan MCB, untuk memastikan MCB terganggu sebagaimana tertera pada invoice keluhan.

7). Petugas Yantek membuka penutup/cover :
Untuk MPB Combo :
– Buka segel dan penutup/cover terminal MPB.
– MCB di-off-kan.
– Ganti MCB yang rusak dengan MCB baru sesuai daya kontrak.
– Cek tegangan menggunakan tespen pada terminal 1.
– Pasang kembali penutup/cover MCB.
– Entry-kan 20 digit angka CTT hingga diterima oleh MPB (di monitor MPB
tertera “BENAR”). Pastikan listrik menyala.
– Segel kembali penutup/cover MPB.
– Buat Berita Acara Pekerjaan Selesai (TUL I-10) dan ditandatangani
pelanggan.

Untuk MPB Non Combo :
– Buka segel dan penutup/cover MCB.
– MCB di-off-kan.
– Ganti MCB yang rusak dengan MCB baru sesuai daya kontrak.
– Cek tegangan menggunakan tespen pada terminal MCB.
– Pasang kembali penutup/cover MCB.
– Segel kembali penutup/cover MCB.
– Buat Berita Acara Pekerjaan Selesai (TUL I-10) dan ditandatangani pelanggan.
– Kembalikan 20 digit angka CTT kepada petugas Rayon.

@Intruksi Kerja Penanganan Gangguan APP Prabayar, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Banten.
Semangat gan🙂