gan tau kan foto yang diatas yang ane kasih garis warna merah, yups dah ada keterangan tulisannya tuh, “travers”, hehehe😀

hmm apa itu travers, temen2 yantek pasti sudah hapal apa itu travers, setiap tiang SUTM selalu dipasang travers, berbagai jenis kontruksi SUTM apapun pasti dipasang travers, nah jadi temen2 bisa menyimpulkan sendiri ya apa itu travers??🙂

nah ane akan ulas apa itu travers, setau ane yah, kalo ga salah gini nih😎

Travers adalah bagian dari SUTM yang digunakan untuk tampat sangkutan atau dudukan isolator sehingga dapat memisahkan penghantar/fasa yang satu dengan yang lain pada jarak yang diizinkan. Travers dipasang pada ujung tiang, kekuatan gaya tarik travers disesuaikan dengan beban kerja tiang yang telah dihitung sedemikian rupa sehingga kuat terhadap gaya tarik kawat penghantar.

tambahan, bisa dipakai untuk menjaga penghantar dan peralatan yang perlu dipasang diatas tiang. Material nya terbuat dari besi, dipasang pada tiang. Pemasangan dapat dengan memasang klem-klem, disekrup dengan baut dan mur secara langsung, dipasang baut-baut penyangga isolator dan peralatan lainnya, biasanya  ini dibor terlebih dahulu untuk membuat lubang-lubang baut.

nah sekilas seperti itu gan, mungkin temen2 punya kesimpulan atau lainnya mengenai travers? silahkan gan kita berbagi ilmu, ane tunggu masukannya🙂🙂

sukses untuk kita semua gan😎