Beranda

Yantek Warunggunung dan Peran Komunikasi & Kordinasi Dalam Suatu Kegiatan

1 Komentar


Nah kali ini bagean warunggunung sebagai tujuan utama sasaran kunjungan kita dari management, hehehe ๐Ÿ˜€

kita barengan ber3 gan kesana, ane+bapa, ditambah abah nur, sebagai program rutinitas kita, inih juga sebagai bukti pengawasan management terhadap kantor-kantor cabang, ya sambil sosialisasi gan, hehehe ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

kita ngebahas masalah komunikasi dan kordinasi gan, begitu pentingnya 2hal tersebut, tak bisa dipisahkan, ane akan bahas sedikit mengenai Peran Komunikasi & Kordinasi Dalam Organisasi/Kegiatan.

Dalam sebuah organisasi pastilah ada sebuah ketua dan staff sebagai jajarannya [kalo di kantor pelayanan berarti ada kepala regu dan temen2nya]. Ini merupakan satu kesatuan struktur untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi dalam organisasi akan bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan adanya komunikasi dan koordinasi baik dari atas kebawahan maupun sesama bidang dan staff. Akan terjadi keheningan jikalau satu sama lain anggota tidak saling berkomunikasi dan koordinasi, bahkan bisa menjadi kesalahpahaman.

Komunikasi merupakan media antar individu untuk saling memberikan informasi baik bisa disampaikan secara lisan maupun media lainnya. Komunikasi begitu sangat penting, karena dalam pelaksanaan suatu organisasi adanya komunikasi membantu dalam memahami apa yang dimaksud dari orang yang menyampaikan. Komunikasi ini juga tidak terlepas dari koordinasi. Komunikasi dan koordinasi menjadi satu kesatuan kerja dalam menjalankan program kerja. Sedangkan koordinasi merupakan hubungan manusia dalam menjalankan tugasnya.

Semua program kerja dapat terselesaikan dengan adanya komunikasi dan koordinasi, maka perlu bantuan orang lain. karena kita tahu bahwa yang dibutuhkan organisasi ini adalah SUPERTIM bukan SUPERMAN. Kalau yang bekerja hanya sendirian tanpa meminta bantuan takkan ada yang mampu melaksanakannya. Satu tusuk lidi saja tidak mampu membersihkan tapi dengan kumpulan banyak lidi mampu membersihkan kotoran yang ada. Itulah organisasi yang baik satu sama lain saling berkomunikasi dan koordinasi dalam bekerja.

Komunikasi ini media untuk saling mengingatkan satu sama lain, apalagi dalam mengingatkan kebaikan. Hubungan interpersonal akan menjadi dekat dan baik jika jalinan komunikasi ini berjalan dengan lancar. Jika kita membayangkan seorang pemimpin tidak mau berkomunikasikan kepada staffnya, akan terjadi rasa diacuh atau tidak dipedulikan. Ini berakibat lama-lama akan meretakkan organisasi. Mungkin organisasi bisa berjalan dengan hanya seorang pemimpin yang melaksanakan sendirian tapi tanpa disadari hanya membuat fungsi organisasi rusak.ย Hal terburuk yang mungkin tercapai akan berguguran satu demi satu pengurus dan meninggalkan organisasi.

Dalam sebuah organisasi tidak hanya membutuhkan orang yang pandai bicara, bisa dipercaya dan yang aktif tapi butuh orang yang mampu menggerakan kapal organisasi menuju tempat tujuan dengan bekerjasama bersama staff-staffnya. Bahkan jika kapal itu mengalami kebocoran disana-sini, pasti takkan mampu seorang diri untuk menyelesaikan. Staff yang ada akan memberikan kemampuannya untuk melengkapi kekurangan pemimpin yang baik. Maka dari itu perlu ada kerjasama supaya keberhasilan dapat tercapai.

“Komunikasi dan koordinasi kunci luar biasa menjadi ukhuwah yang akan selalu terikat dimanapun dan kapanpun kita berada.”

Ketika hal ini terjadi mari kita bersama-sama untuk saling memperbaiki. Kita lapangkan dada kita dan saling menghargai satu sama lain. Jangan kita pandangan kemampuan orang lain itu rendah, serendah-rendahnya kemampuannya tapi itu yang terkadang kunci sebuah keberhasilan. Hidup untuk saling menghargai satu sama lain akan menciptkan kehidupan yang indah dan ukhuwah bisa terjaga dengan baik. Tidaklah kita memandang siapa kita, dari mana kita, dan ketururan siapa kita, tapi kita kuatkan hubungan persaudaraan dan menjaganya dengan baik. Smoga Dakwah bisa seperti ini dan Allah mempermudah jalan kita. ๐Ÿ™‚

ane kutip di http:saddamhusein13.blogspot.com/

Iklan

Gangguan MPB -> Kondisi : di Display MPB Tampil “Periksa”

Tinggalkan komentar


Kondisi : di display MPB tampil โ€œPERIKSAโ€.

Kondisi tersebut mengakibatkan 20 digit kredit token saat di entry tidak dapat diterima oleh MPB (di monitor MPB tampil โ€œgagalโ€).

1. Bila Rayon menerima Laporan keluhan pelanggan dari operator CC123/APKT, maka Petugas Rayon :
– Memproses CTT.
– Menginformasikan CTT ke pelanggan melalui telpon pelanggan yang tertera pada invoice keluhan.
– Menjelaskan cara meng-input CTT disertai cara menginput kredit token.

2. Bila pelanggan datang langsung ke Kantor Rayon maka Petugas Rayon :
– Mencatat nomor meter, idpel, nomor telepon/HP pelapor di APKT.
– Memproses CTT.
– Mencetak dan memberikan CTT kepada pelanggan.
– Menjelaskan cara meng-input CTT disertai cara menginput kredit token.

3. Petugas Yantek melakukan cek fisik MPB dan Segel degsel ( tutup kaki kWh ) dan memastikan dalam kondisi baik (segel utuh). Bila kondisi tidak baik (segel putus/tidak utuh) maka informasikan ke Petugas Rayon/P2TL.

4. Untuk kondisi baik, Petugas Yantek menekan tombol angka 08 enter untuk mengetahui status tamper.

5. Pada display akan tampil angka 1, artinya membuka tutup kaki kWh dalam keadaan bertegangan.

6. Entrikan CTT ke MPB dan tampilan โ€œPERIKSAโ€œ sudah tidak ada maka langsung mengentrikan Credit Token ke MPB hingga di display tampil โ€œBENARโ€œ.

Untuk kondisi komplain pelanggan yang di display MPB tampil โ€œPERIKSAโ€ berulang-ulang maka tetap dilakukan langkah-langkah di atas sebagai solusi sementara. Selanjutnya Petugas Rayon harus mencatat dan merencanakan penggantian MPB pelanggan tersebut dengan MPB firmware baru.

@Intruksi Kerja Penanganan Gangguan APP Prabayar, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Banten.
Semangat gan :)

Penanganan Gangguan MCB

3 Komentar



Gangguan MCB Adalah kondisi dimana MCB tidak dapat difungsikan sebagai pemutus arus.

1). Rayon menerima Laporan keluhan pelanggan dari operator CC123/APKT. Cetak invoice keluhan di APKT. Bila pelanggan datang langsung ke Kantor Rayon, catat nomor meter, idpel, nomor telepon/HP pelapor di APKT lalu cetak invoice keluhan tsb.

2). Petugas Rayon memproses dan atau mencetak CTT (Clear Tamper Token).

3). Petugas Rayon memberikan dan atau menginformasikan CTT, MCB, dan invoice keluhan kepada Petugas Yantek.

4). Petugas Yantek menyiapkan alat dan material kerja serta memakai alat K2.

5). Petugas Yantek mendatangi lokasi pelanggan sesuai alamat yang tertera di invoice keluhan.

6). Petugas Yantek melakukan pengecekan fisik MPB dan MCB, untuk memastikan MCB terganggu sebagaimana tertera pada invoice keluhan.

7). Petugas Yantek membuka penutup/cover :
Untuk MPB Combo :
– Buka segel dan penutup/cover terminal MPB.
– MCB di-off-kan.
– Ganti MCB yang rusak dengan MCB baru sesuai daya kontrak.
– Cek tegangan menggunakan tespen pada terminal 1.
– Pasang kembali penutup/cover MCB.
– Entry-kan 20 digit angka CTT hingga diterima oleh MPB (di monitor MPB
tertera โ€œBENARโ€). Pastikan listrik menyala.
– Segel kembali penutup/cover MPB.
– Buat Berita Acara Pekerjaan Selesai (TUL I-10) dan ditandatangani
pelanggan.

Untuk MPB Non Combo :
– Buka segel dan penutup/cover MCB.
– MCB di-off-kan.
– Ganti MCB yang rusak dengan MCB baru sesuai daya kontrak.
– Cek tegangan menggunakan tespen pada terminal MCB.
– Pasang kembali penutup/cover MCB.
– Segel kembali penutup/cover MCB.
– Buat Berita Acara Pekerjaan Selesai (TUL I-10) dan ditandatangani pelanggan.
– Kembalikan 20 digit angka CTT kepada petugas Rayon.

@Intruksi Kerja Penanganan Gangguan APP Prabayar, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Banten.
Semangat gan ๐Ÿ™‚

Kunjungan Kerja ke Kantor Mandalawangi, Sekaligus Sosialisasi Hasil Raker Kemarin Gan..

Tinggalkan komentar


ane absen dari kanan ke kiri, dimulai dari Anggana WD, kang Raden Karya Sampurna, kang Muhtadi, kang Bedi Jubaedi [Spv Teknik], a’Andis Aria Gerhana [Kepala Regu Mandalawangi], Pa Achdiyat [Site Manager], terakhir Risja Pahlevi..

kita kunjungan tanggal 23 oktober 2012 kemaren gan, baru sempet ane upload nih ๐Ÿ˜€ , sekalian silaturahmi yang merupakan jadwal rutin kita [management] ke kantor2 PLN/yantek.

yang kita bahas disana banyak gan, hasil raker kemaren waktu di wira carita, mengenai program kerja, hasil kerja, rencana kerja dan lain sebagainya, ya banyak gan yang kita bahas, ngobrol2 aja sih intinya mah, hehehe ๐Ÿ˜€

nah yang terpentingnya kita sosialisasi mengenai peralatan kerja, bagaimana supaya merawat dan menjaga peralatan kerja kita,

mungkin bisa seperti inih gan prosedurnya :

1). Cek peralatan setiap hari atau pas ganti piket, inih dimaksudkan untuk mempermudah dimana kalo ada kehilangan atau keruskan pada peralatan tersebut.

2). Dirapihkan dan ada penyimpanan peralatan atau box peralatan.

3). kalo ada kerusakan peralatan segera ditindaklanjuti dengan melaporkan ke kepala regu/kordinator/management.

Demikian gan, smoga peralatan kita aman, amin ๐Ÿ™‚

PLN Rayon Labuan & Arti Pentingnya Donor Darah [Setetes Darah Anda Sangat Berarti Bagi Nyawa Orang Lain]

Tinggalkan komentar


alhamdulilah acara “Setetes Darah Anda Sangat Berarti Bagi Nyawa Orang Lain”, yupz adalah acara donor dahar yang diadakan PLN Rayon Labuan, kemarin 23 Oktober 2012, tepatnya di Kantor PT.PLN Rayon Labuan, alhamdulilah banyak yang mendonorkan darahnya, baik dari PLN Labuan maupun temen2 Yantek Labuan..

Bapak Manager PT.PLN Rayon Labuan bapa Agus Kabulyadi juga ikut menyumbangkan darahnya sebagai bentuk kepedulian, yang lainnya juga banyak, seperti bapak yang ada difoto sebelah gan, beliau sedang persiapan diambil darahnya oleh petugas/ibu donor darah ๐Ÿ™‚

Nah apa sih arti penting donor darah itu gan ?? Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya.

Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan.

1. Menjaga kesehatan jantung
Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.

Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2.Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang.

Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

3. Membantu penurunan berat tubuh

Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. Meskipun jarum suntik tampak mengerikan, namun jika melakukan donor darah secara rutin, bisa membuat Anda tetap segar dan tampil lebih awet muda.

4. Mendapatkan kesehatan psikologis

Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

5. Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.

Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah โ€œrambu peringatanโ€ yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. Jadi jangan tunggu lama lagi, ayoโ€ฆ saatnya donor darah!

Semoga bermanfaat gan, ayo kita bantu sodara2 kita ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
ane ambil Sumber :
http://b2w-indonesia.or.id/bacanote/arti_pentingnya_donor_darah

Travers SUTM

Tinggalkan komentar


gan tau kan foto yang diatas yang ane kasih garis warna merah, yups dah ada keterangan tulisannya tuh, “travers”, hehehe ๐Ÿ˜€

hmm apa itu travers, temen2 yantek pasti sudah hapal apa itu travers, setiap tiang SUTM selalu dipasang travers, berbagai jenis kontruksi SUTM apapun pasti dipasang travers, nah jadi temen2 bisa menyimpulkan sendiri ya apa itu travers?? ๐Ÿ™‚

nah ane akan ulas apa itu travers, setau ane yah, kalo ga salah gini nih ๐Ÿ˜Ž

Travers adalah bagian dari SUTM yang digunakan untuk tampat sangkutan atau dudukan isolator sehingga dapat memisahkan penghantar/fasa yang satu dengan yang lain pada jarak yang diizinkan. Travers dipasang pada ujung tiang, kekuatan gaya tarik travers disesuaikan dengan beban kerja tiang yang telah dihitung sedemikian rupa sehingga kuat terhadap gaya tarik kawat penghantar.

tambahan, bisa dipakai untuk menjaga penghantar dan peralatan yang perlu dipasang diatas tiang. Material nya terbuat dari besi, dipasang pada tiang. Pemasangan dapat dengan memasang klem-klem, disekrup dengan baut dan mur secara langsung, dipasang baut-baut penyangga isolator dan peralatan lainnya, biasanyaย  ini dibor terlebih dahulu untuk membuat lubang-lubang baut.

nah sekilas seperti itu gan, mungkin temen2 punya kesimpulan atau lainnya mengenai travers? silahkan gan kita berbagi ilmu, ane tunggu masukannya ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

sukses untuk kita semua gan ๐Ÿ˜Ž

Bongkar Pasang travo Gardu AKM Penyulang Pahlawan, Begadang Gan, hehe

Tinggalkan komentar


gan ituh yang diatas dokumentasi nya, tepatnya gangguan travo tanggal 19 Oktober 2012, malem2 gan jam 1 malem gangguan, wahhh siaappppp begadang ini mah, siapin kopi gan ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

travo 50 gardu AKM yang pada hari itu gangguan kena petir gan, sehubungan wilayah rangkasbitung hampir tiap hari diguyur hujan deras, angin kenceng dibarengin petir, yaaaa kena deh satu travo oleh petir, heuu.. ๐Ÿ˜ฆ

ane lagi dirumah ditelp ama wa ule, “buy dimana, aya gangguan travo yeuh..”, waduuhhh mana lagi enak2nya nyantai sambil ngopi goodday gan dirumah ๐Ÿ˜€ , eh tak lama ada yg nelp juga dengan hal dan perkataan yg sama, wah langsung cabut siap2 ke rayon rangkasbitung..cawwwww ๐Ÿ˜Ž

wah personilnya siapa ini yang ngerjain, dalam perjalanan ane sempet bingung gan eh pas nyampe rayon ternyata ada kang tono dan kang darna, pertanyaannya apakah jauh2 dari cileles dan leuwi damar hanya untuk membantu???wah ane pikir keren gitu pengorbanannya.. ๐Ÿ™‚ eh pas ane tanyain gini gan :

ane : kang ti leuwi damar ngahaja kadieu??
kang darna : naon nuju ngerjaken laporan di MKM eh ditelp wa ule,
ane : gkgkgkgk ๐Ÿ˜€

satu lagi obrolan dengan kang tono cileles :
ane : kang tono kumaha malem2 kieu aya di rangkas, ngahaja tiditu kadieu??
kang tono : naon sarua jeung darna ngerjaken laporan di MKM, boro keur ngopi ieu ge, eh ditelp wa ule,
ane : hahahaha kompakan ๐Ÿ˜€

nah seperti ituh gan [teu penting dicaritaken nya] hehehehe ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

alhamulilah tim wargun juga lengkep, ada beh akung, kang umang, kang joni, ramdan dn dendi yang standby di kp.wargun, ditambah ane, bang hadi, wa ule, kang darna dan kang tono + fikri juga ikut dari rayon rangkasbitung..

Alhamdulilah pengerjaan malem jam 1:30 dan beres2 paginya jam 6 gan, alhamdulilah lancar, selain ganti travo, kita juga rubah kontruksi arrester dan block co nya, sekalian pemanfaatan gan karna untuk kontruksinya salah..

mudah2an aman kedepannya, ane mau pergi dulu ke Rayon Labuan gan bareng bapa nih, mau ceklist hasil inspeksi temen2 yantek labuan, dadah gan ๐Ÿ˜€

Older Entries