wah ada kang Embon dan Kang Yusri nih, Operator Yantek Pandeglang😀😀

sedang menjalankan tugas gan, nah kalo operator kan standby nya dikantor, selain monitoring komunikasi radio, monitoring gangguan lewat APKT serta melayani keluhan pelanggan yang datang ke kantor langsung, nah itu tuh jobdesk nya operator, eh blum lagi ngangkatin telp yang berdering😀

biasanya banyak pelanggan yang datang ke kantor gan, baik itu mengenai gangguan ataupun keluhan masalah listriknya dirumah, atau apalah yang berhubungan dengan listrik😀

nah ane akan bahas Handling Complain atau cara menangani keluhan, apa yang harus dilakuin dan apa yang ga boleh dilakuin, check out .. !!!

Yang Musti dilakuin [Do’s]
1. Langkah menangani keluhan pelanggan yang datang ke kantor :
2. Petugas pelayanan mengidentifikasi diri dan pelanggan.
3. Mendengarkan secara aktif.
4. Mengidentifikasi jenis keluhan pelanggan dengan seksama.
5. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
6. Mencatat Keluhan.
7. Memberikan jawaban atas keluhan pelanggan sesuai data dan informasi.
8.Penyampaian jawaban tersebut sedapat mungkin tidak menggunakkan jargon, bahasa yang bersifat teknis atau istilah internal perusahaan.
9. Menyelesaikan estimasi waktu penyelesaian.
10. Proses penyelesaian keluhan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Ga boleh dilakuin [don’ts]
1. Mengambil keputusan diluar kapasitasnya.
2. Sebisa mungkin pelanggan yang complain dibawa ke ruangan khusus agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan lain.
3. Menunjukkan ekspresi wajah, bahasa tubuh maupun tutur kata yang dapat memancing emosi pelanggan.
4. Memotong pembicaraan pelanggan yang sedang menyampaikan keluhannya.

Enlightening One Day Gathering “a-SIQ” [Agent – Standarisasi, Integrity & Quality Control Cycle] :D