Kita harus punya sifat optimis dengan selalu bertawakal (menyandarkan hati pada Allah) dan tetap berusaha untuk menggapai impian yang kita cita2kan. Ingatlah bahwa siapa saja yang bertakwa dan bertawakal pada Allah Ta’ala, akan memberikan ia jalan keluar dan akan memberikan ia selalu kecukupan.

Allah Ta’ala berfirman : “Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka2nya, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. (QS. Ath-Tholaq : 2-3).

Nah gan itu salah satu ayat yang Allah turunkan, jadi intinya apabila kita banyak masalah dan bingung musti ngapain, maka jalan keluarnya adalah berserah diri dan bertawakal pada Allah Ta’ala.

Nah ini ada kiat2 apabila Impian temen2 belum terwujud, mudah2an ini bisa membantu, langsung aja🙂

1). Pahamilah Takdir Ilahi, maka perlu dipahami bahwa itulah ketentuan Allah. Allah menjanjikan hikmah dibalik itu semua karena sifat hikmah yang sempurna Dia miliki.

2). Terus Tawakkal dan Berusaha Semaksimal Mungkin,

3). Teruslah Memohon Kepada Allah.

Jika ada yang bertanya, “Aku sudah seringkali berdo’a, namun mengapa impianku belum tercapai juga?” Kami bisa memberi jawaban sebagai berikut:

Pertama: Do’a boleh jadi terkabul, namun kita saja yang tidak mengetahui bentuk terkabulnya. Terkabulnya do’a bisa jadi dengan dipalingkan dari kejelekan dari do’a yang kita minta. Dan boleh jadi Allah simpan terkabulnya do’a tadi di akhirat kelak.

Kedua: Terkabulnya do’a boleh jadi diakhirkan agar seseorang tetap giat dan bersemangat dalam berdo’a. Ketika ia giat berdo’a, maka ia pun akan mendapatkan ketinggian derajat di akhirat kelak.

Ketiga: Boleh jadi do’a tersebut sulit terkabul karena beberapa faktor penghalang. Di antara faktor penghalang adalah seseorang mengangkat tangan ke langit, namun ia sering mengkonsumsi makanan, minuman  dan menggunakan pakaian yang haram atau diperoleh dari hasil yang haram (sebagaimana disebut dalam hadits riwayat Muslim no. 1015, dari Abu Hurairah). Inilah yang membuat do’a seseorang sulit terkabul. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita rajin mengintrospeksi diri, siapa tahu do’a kita tidak kunjung terkabul karena sebab mengkonsumsi yang haram.

@Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat.
Salam Semangat🙂