Selamat pagi gan ..🙂😀

Postingan ane kali ini mengenai bahaya memasang antene tv dekat-dekat jaringan listrik/SUTM, bahaya gan, ntar kesetrummm..hiiii..tak jarang loh banyak orang yang meninggal..

Menurut hasil survey dan sharing-sharing kami dengan warga masyarakat yang pernah memasang antene nya dekat jaringan listrik [yang sekarang sudah dipindahin], berkata “kalo abah masang antene tv dekat jaringan SUTM, gambarna jadi alus, beresih, cekas, teu runyek pokona mah😀, maksudnya gan kualitas gambar jadi bagus dan bersih..”

Namun gan walaupun demikian itu bahaya gan, sangat bahaya sekali, apalagi yg jaraknya dekat seperti gambar diatas itu gan..alesannya karna :

1). Apabila sedang menggilir2/mengotak atik antene tv, atau digeser2 trus tanpa sengaja menyentuh SUTM trus dipegang ama si pemilik..zzzzzzzz kesetrum gan😦 ngeri2…tak jarang banyak yg meninggal😦
2). Ada angin kencang trus roboh menimpa SUTM, menyebabkan padam listrik, merugikan orang banyak, dan merugikan diri sendiri.

Nah bagaimana tips biar memasang antene yang baik??ane coba rangkum gan, kurang lebih seperti ini :

1). Pasanglah antene tv yang jauh dari SUTM, atau jaringan listrik.
2). Mengukur jarak, apabila nanti antene tv roboh apakah akan menimpa jaringan listrik apa ga..dikira2 aja gan..
3). Walaupun pasang antene tv dekat SUTM lebih baik karna adanya tegangan induksi dari SUTM, tapi bahaya gan, milih mana, keselamatan apa bahaya akibat kelalaian diri sendiri???/?/?..yups pilihlah keselamatan..
4). Gunakan kabel coaxial 75 ohm yang memiliki loses (attenuation) daya kecil, contoh RG7 , RG-6 dengan attenuation sekitar 5 db/100 feet pada frekuensi 750Mhz, atau bahkan RG11 dengan attenuation sekitar 3,6 db/100 feet (cuma repot masangnya diameternya terlalu besar) . ya menurut tukang antene tv kayak gitu😀
5). Untuk panjang kabel antara antena dan booster sebaiknya sekitar 1,5 meter tanpa adanya gulungan.
6). Tinggi antena maksimal 15 meter jangan lebih. kalo lebih malah jadi jelek gan..
7). Yang paling akhir adalah menentukan arah antena yang tepat di mana pemancar berada, biasanya untuk penerimaan yang jauh dari pemancar sudut deviasi menjadi lebih kecil. Artinya sekelompok pemancar dari kota tertentu bila diterima dengan jarak yang agak jauh masing-masing pemancar berada pada arah antena yang sama.

Semoga bermanfaat gan tips nya..ingat utamakan keselamatan…🙂
Salam Semangat😀