MCB atau miniature circuite breaker merupakan komponen listrik yang bekerja dengan system thermal atau panas. Didalamnya terdapat bimetal, dimana bila arus listrik yang mengalir melebihi ukuran tertentu (karena kelebihan beban atau terjadi hubung singkat) dari MCB ini, maka bimetal ini secara mekanis akan memutus aliran listrik dan menggerakkan tuas ke posisi “OFF”.
Untuk menormalkan kembali sangat mudah, hanya dengan mengembalikan tuas ke posisi “ON”.
Jenis ini lebih banyak digunakan di instalasi listrik rumah. Hanya saja komponen ini punya kelemahan, yaitu bila secara mekanis ada masalah maka MCB ini tidak akan bekerja. Karena itulah perlu memilih MCB dengan kualitas baik dan jangan asal beli yang  murah.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, mulai dari bagian Pengaman listrik inilah menjadi tanggung jawab pelanggan. Bagian ini sangat “customized”, sesuai dengan permintaan pelanggan dan dipasang oleh instalatir listrik bersamaan dengan bagian instalasi listrik lainnya.
Bila terjadi masalah pada bagian ini, pelanggan bisa menghubungi instalatir listrik tersebut atau petugas PLN pun masih bisa membantu bila kondisi darurat seperti malam hari.
Dalam beberapa proyek pemasangan instalasi listrik rumah, instalatir listrik kadangkala membuat terminal kabel pentanahan atau arde tersambung dalam box pengaman ini. Sehingga kabel pentanahan dari bargainser PLN akan dihubungkan di terminal ini.
Lantas apakah yang sebenarnya pokok permasalahan dari sering anjlognya MCB. Mungking terlalu banyak beban dan kadang-kadang seorang teknik listrik tidak memperhatikan ukuran MCB itu sendiri. MCB mempunyai ukuran dan tegangan ujung dalam hal ini ukuran MCB mempunyai satuan Ampare.anda bisa mengukur tegangan MCB dengan bantuan alat TANK ukur atau AVO meter.cukup ini saja yang bisa aku sampaikan pada topikku kali ini semoga bisa memperjelas manfaat MCB itu sendiri.
Salam Semangat🙂

Read more: nuruizz@infoku.com