Guys, ni adalah salah satu contoh hasil inspeksi jaring dari sisi SUTM nya, yaitu Kontruksi Jaringan..emangnya kenapa dengan kontruksi jaringan??eh jangan salah gan, kesalahan pemasangan kontruksi jaring dilapangan sangat berpengaruh loh sama keandalan jaringan, ngaruhnya ya sama padam jadinya..

Hmm bingunnya maksudnya gini, kesalahan pemasangan jaring di sisi SUTM dapat menyebabkan Trip PMT atau PMR atau Aftak dan pemutus lainnya, dikarenakan pemasangan kontruksi yang salah, biasanya menyebabkan gangguan tidak jelas [baca : nihil]..

Untuk pengusutan pencarian gangguan dikarenakan ini kan memang agak membutuhkan kejelian mata🙂 pake kacamata atau apa ke😀..hehehe susah loh nyarinya dibandingkan dengan gangguan pohon..udah jelas ada bekasnya [kebanyakan seperti itu🙂 ..

Sebagai contoh ini ada hasil inspeksi jaring di penyulang jiput, wilayah yantek menes-labuan. langsung aja nih..

Gambar no.1 di aftak koranji Dexcel CO/Lidah Blok CO Berdekatan Dengan Isolator Aspan, … nah ni gan bisa menyebabkan gangguan tidak jelas nih.. karena berdekatan menimbulkan gangguan, nembak istilahna mah..loncatan tegangan

nah gambar no.2 ini untuk Jarak sangat Berdekatan dan Dapat Menimbulkan Gangguan tidak Jelas/nihil.. ini perlu adanya perubahan kontruksi, sewaktu ada hujan biasanya sering terjadi padam, ya akibat terlalu dekat jempernya.

gambar no 3 ini untuk pemasangan Blok CO nya digeser agak menjauh menjuh menjauh dari isolator aspan. solusi biar ga terjadi gangguan tidak jelas.

gambar selanjutnya untuk Blok CO berdekatan dengan travers dan jemper dari isolator aspan, nah ini tepatnya di aftak sanghiyang penyulang jiput. masih sama juga dapat menimbulkan GTJ atau gangguan tidak jelas

untuk solusinya yaitu digeser menjauh menjauh menjauh lagi..agak digeser dikit biar ga menimbulkan tembakan atau loncatan tegangan pada gambar no.5 itu gan …

nah untuk gambar no.6 dan 7 ini adalah pemasangan arrester yang terbalik..harusnya digimanain jadinya???

gan untuk kontruksinya minta dibalik, alias dibalikan untuk posisi L nya, jadi pemasangannya seperti angka 7 terbalik harusnya, itu untuk apa karena jemper yang dari arrester ke blok co itu dekat dengan travers, dan kalo dibalikan kontruksinya itu agak jauh untuk jempernya..

itu juga bisa menimbulkan gangguan tidak jelas..nah gan semoga bermanfaat untuk temen-temen dilapangan, jadi tingkatkan preventif..kalo udah ada hasil temuan seperti itu silahkan langsung berkordinasi dengan PLN untuk tindak lanjutnya..

Salam Semangat😀