Wah baru keingetan, baru ane upload fotoya gan🙂, Pelatihan dan Sosialisasi dan Rapat Kinerja bersama PLN Area Banten Selatan, dihadiri Yantek, Yandu dan sebagainya.

Selain itu ada Pembekalan/Pelatihan/Sosialisasi Pengoperasian AVR (Automatic Voltage Regulator), dan PMR.

Sistem pengoperasian Unit AVR (Automatic Voltage Regulator) berfungsi untuk menjaga agar tegangan generator tetap konstan dengan kata lain generator akan tetap mengeluarkan tegangan yang selalu stabil tidak terpengaruh pada perubahan beban yang selalu berubah-ubah, dikarenakan beban sangat mempengaruhi tegangan output generator.

Prinsip kerja dari AVR adalah mengatur arus penguatan (excitacy) pada exciter. Apabila tegangan output generator di bawah tegangan nominal tegangan generator, maka AVR akan memperbesar arus penguatan (excitacy) pada exciter. Dan juga sebaliknya apabila tegangan output Generator melebihi tegangan nominal generator maka AVR akan mengurangi arus penguatan (excitacy) pada exciter. Dengan demikian apabila terjadi perubahan tegangan output Generator akan dapat distabilkan oleh AVR secara otomatis dikarenakan dilengkapi dengan peralatan seperti alat yang digunakan untuk pembatasan penguat minimum ataupun maximum yang bekerja secara otomatis.

Penggunaan digenerator adalah alat pengatur arus exitacy pada generator. Apabila tegangan output generator turun, maka AVR akan memperkuat arus exitacy generator sehingga mencapai tegangan yang diinginkan.

Penggunaan pada jaringan distribusi tegangan menengah, biasanya dipasang diujung penyulang yang panjang tegangannya dibawah standar pelayanan. Jadi penggunaan AVR di jaringan distribusi adalah untuk menstabilkan tegangan pelayanan dengan cara AVR memonitor tegangan input (tegangan yang diterima) kemuadian AVR mengatur menaikan Tap Charger kepada posisi (Tap) tertentu sampai tegangan output dari trafo step up sesuai tegangan yang di inginkan.

Sekilas seperti itu mungkin, untuk Area Bansel untuk pengoperasian AVR baru 2buah, di kp.jalupang dan kp.cipanas, Makasih untuk PLN Area Bansel+Rayon nya, semoga kita Yantek-PLN bisa lebih bersinergi..Yantek tetap semangat dan pasti bisa..

Salam Semangat🙂