Pemutus Beban (Cut Out)

Cut Out berfungsi sebagai pengaman lebur, jika ganguan arus lebih yang melebihi kapasitas hantaran Cut Out, maka hantaran tersebut akan melebur dan beban trafo distribusi akan terlepas dari sistem yang bertegangan dari saluran pengirim daya.

Berbeda halnya dengan pemutus tenaga yang terdapat pada GI terdapat banyak macam pemutus beban yang dikenal, antara lain :

1. Pemutus beban minyak volume kecil, adalah jenis pemutus tenaga minyak yang kontak-kontak pemutusnya ada di dalam tabung isolator porselin.

2. Pemutus beban udara dan pemutus beban semburan udara, adalah sejenis pemutus ketika busur api terjadi dipadamkan dengan menghembuskan udara kepadanya dan mendorongnya ke ruang pemadam busur. Berbeda dengan pemutus minyak, pemutus semburan udara ( air blast ) tidak membutuhkan penggantian minyak yang biasanya cukup merepotkan.

3. Pemutus gas SF6, adalah sejenis pemutus yang menggunakan gas SF6 (sulfur Hexafluoride) sebagai bahan pemadam busur api yang mengguna-kan udara tekan. Pemutus ini memiliki keuntungan tidak terpengaruh oleh keadaan cuaca, tidak membahayakan manusia, hampir tidak memerlukan pemeliharaan dan mudah dipasang. Dalam Perkembangan teknologinya memberikan harapan yang menggembirakan dalam pemutusan tegangan tinggi.