Beranda

Keselamatan Kerja Adalah Tujuan K3 … [Pentingan Gan, Harus diperhatikan]

Tinggalkan komentar


safety equipment

Ilustrasi keselamatan kerja ini ane kutif di http://www.anneahira.com/keselamatan-kerja-adalah.htm karna sangat penting sekali, harus diperhatikan gan, apalagi yantek yang sehari2nya kerjanya bergelut dibidang kelistrikan 20kv, mudah2an bermanfaat nih :)

apakah anda bekerja dilingkungan berbahaya atau di zona relatif lebih aman? apapun itu keselamatan kerja penting untuk mencegah kecelakaan walau itu diberlakukan daerah kerja yang dinyatakan aman.

karena anda menghabiskan sebagian besar waktu anda ditempat kerja anda, itu harus aman sehingga tidak ada ancaman bagi kesehatan yang ditimbulkan. Dengan demikian kesehatan dan keselamatan karyawan keprihatinan utama dari sebuah organisasi.

dalam dunia kerja dan gaya hidup sehat, keselamatan kerja adalah salahsatu point penting untuk menjagakeberadaan pekerja dan kelangsungan pekerjaan. dengan memperhitungkan faktor keselamatan kerja, maka kita dapat bertahan dan mempertahankan hidup dengan lebih baik.

Secara harfiah, Keselamatan Kerja adalah segala upaya yang kita lakukan untuk mencegah, menanggulangi dan menangani setiap hal yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja adalah semua kondisi negatif yang terjadi pada saat kita melakukan kegiatan.

tidak ada yang menginginkan celaka pada saat melakukan kegiatan. semua orang selalu berharap agar setiap pekerjaan yang ditangani terselesaikan baik dan tidak mengancam keselamatan diri. oleh karena itu program keselamatan kerja adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi.

banyak kecelakaan kerja terjadi karena pekerja tidak mengindahkan segala tata aturan keselamatan kerja.

Tidak Seorang Pun Ingin Celaka

setiap jenis pekerjaan selalu memiliki resiko. anda tidak dapat menghindar dari semua itu. jika bekerja, maka selain keuntungan yang di dapatkan berupa upah, namun kebuntungan bisa menghadang jika tidak hati2 dalam bekerja.

tidak ada orang yang ingin celaka!! itu adalah sebuah kondisi yang diharapkan setiap orang. pada saat mereka melakukan pekerjaan, yang mereka inginkan adalah pekerjaan selesai dan mereka tidak celaka dalam pekerjaan tersebut.

pemahaman atas keselamatan kerja adalah kebutuhan paling utama. setiap orang harus bener2 memahami masalah keselamatan kerja. setiap pekerja harus memahami bagaimana dan apa itu keselamatan kerja sehingga pada saat menghadapi kondisi tertentu segera dapat mengambil langkah penanganan yang tepat dan cepat.

Hal-Hal Terkait Keselamatan Kerja

sebenernya, setiap pekerja sudah dibekali pengetahuan mengenai keselamatan kerja. pada saat mereka mempelajari setiap alat dan proses kerja yang dilakukan, maka pada saat itu mereka mendapatkan informasi penting terhadap keselamatan kerjanya.

pengetahuan keselamatan kerja diperoleh dari membaca, dari penjelasan orang yang berpengalaman, atau dari pengalaman tidak langsung yang pernah terjadi pada orang lain.

untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, maka harus diketahui hal2 tepat pada saat pengkondisian keselamatan kerja ini. langkah2 ini sangat penting agar setiap langkah bener2 efektif. kecelakaan kerja sering terjadi karena kurang paham nya pekerja dalam menentukan langkah2 penyelamatan diri saat bekerja.

Berikut tips menciptakan keselamatan kerja :
- Lakukan pekerjaan sesuai kompetensi, artinya bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. jangan melakukan sesuatu yang tidak dikuasai.
- Mintalah petunjuk pada seorang ahli untuk suatu pekerjaan yang akandikerjakan.
- Lakukan setiap pekerjaan sesuai prosedur yang berlaku, jangan melakukan pekerjaan secara acak.
- Berlatihlah dulu terkait dengan pekerjaan tersebut sebelum melakukannya.
- Jangan banyak berkelakar ditempat kerja.

Isu Kesehatan dan Keselamatan Isu di Tempat Kerja

Memahami pentingnya keselamatan ditempat kerja harus menjadi perhatian dari manajemen. norma2 tertentu yang menetapkan seorang individu harus tau untuk memastikan keselamatan diri. harus ada pengaturan untuk pertolongan pertama dan pelayanan kesehatan juga.

frekuensi kecelakaan terjadi karena kelalaian dalam langkah2 keamanan telah dilaporkan untuk sebagian besar. jika langkah2 keamanan yang dijalankan dengan benar, maka biaya yang dikeluarkan dalam pemulihan juga bisa dihilangkan karena kemungkinan kecelakaan yang sangat berkurang.

pada akhirnya keselamatan kerja adalah tanggung jawab untuk mengetahui aturan keamanan yang berlaku dan belajar bagaimana untuk melaksanakannya.

Semoga bermanfaat gan :D ingat SOP dilaksanakan, semoga aman :)

Alat Kerja K2 dan K3 Pelayanan Teknik [Yantek]

Tinggalkan komentar


Alat Pelindung Diri (APD) adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departement Tenaga Kerja Republik Indonesia. Wikipedia Indonesia :)

Ane upload alat2 kerja [foto] K2 dan K3 Pelayanan Teknik [Yantek], tinggal disorot aja gan fotonya, ntar timbul namanya :mrgreen:

Baru sebagian yang ane upload tuh, ntar sisanya nyusul :D :D , lagi ngumpulin data dulu gan, ntar mah ane bahas satu2 deh [kalo sempet itu juga, hehehe :) ] alat2 K2 dan K3 nya, banyak sih gan alat2 kerja Yantek, apabila ada yang mau ngasih saran atau masukannya, mungkin ngebantu ane gan, ane tunggu dengan senang hati 8-)

Utamakan Keselamatan gan :D
JAngan lupa APD nya dipakai :)
Semangat …!!!!!!!!

“Optimalisasi Penerapan SMK3 Untuk Peningkatan Mutu Kerja dan Produktivitas”

Tinggalkan komentar



Gan ini nih harus bener-bener kita perhatiin” Optimalisasi penerapan SMK3 untuk peningkatan mutu kerja dan produktivitas “. Utamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Penetapan bulan K3 itu, berdasar Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.268/KEP/XII/2008 tanggal 30 Desember 2008. Pengoptimalan Zero Eccident (Kecelakaan Nihil), penghargaan pelaksana Sistem Manajemen K3 (SMK3), Pembina K3 serta pemerhati K3.

Secara definsi, K3 merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai kepada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun K3 wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar yang berlaku baik standar nasional maupun internasional, terlebih di era global standar K3 menjadi salah satu aspek penting untuk memenangkan persaingan.

Selanjutnya untuk mendukung terlaksananya K3 secara seragam dan serentak dalam rangka menjamin keselamatan tenaga kerja dan lingkungannya, pengoperasian peralatan secara aman dan efisien, sangatlah strategis jika dalam bulan K3, seluruh perusahaan  dapat diwujudkan gerakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Secara nasional Menakertrans RI memiliki target mengajak seluruh stakeholder/ perusahaan untuk menerapakan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan menjadikan Indonesia berbudaya K3 di tahun 2015.Beberapa kasus terjadinya kecelakaan di tempat kerja sudah tidak menjadi rahasia umum lagi. Hal demikian bisa muncul karena adanya keterbatasan fasilitas keamanan kerja, juga karena kelemahan pemahaman faktor-faktor prinsip yang perlu diterapkan perusahaan. Filosofi keselamatan dan kesehatan kerja dalam memandang setiap karyawan memiliki hak atas perlindungan kehidupan kerja yang nyaman belum sepenuhnya dipahami baik oleh pihak manajemen maupun karyawan. Karena itu perlu ditanamkan jiwa bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan bentuk kebutuhan karyawan.

       Selain itu setiap upaya yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja hanya akan berhasil jika kedua pihak yaitu perusahaan dan karyawan melakukan kerjasama sinergis dan harmonis. Setiap pelaku harus bertekad dan berdisiplin memperkecil terjadinya kecelakaan kerja. Perusahaan perlu memiliki tujuan memerkecil kejadian kecelakaan kerja sampai nol. Manfaat bagi kepentingan karyawan berupa keselamatan dan kesehatan kerja yang maksimum dan begitu pula bagi perusahaan berupa keuntungan maksimum. Untuk itu maka perusahaan hendaknya:

(1) mematuhi peraturan keselamatan dan kesehatan kerja yang dikeluarkan pemerintah,
(2) membuat prosedur dan manual tentang bagaimana mengatasi keselamatan kerja,
(3) memberikan pelatihan dan sosialisasi keselamatan kerja pada karyawan,
(4) menyediakan fasilitas keselamatan kerja yang optimum,
(5) bertanggung jawab atas keselamatan kerja para karyawan,

Nah gan begitu pentingnya keselamatan kerja itu, maka dari itu kita wajib mematuhi dan wajib menerapkan hal tersebut..bekerja dengan penuh hati-hati, misalnya setiap ada pekerjaan untuk APD jangan lupa gan dipakai, walaupun dengan alasan apapun jangan sampai ga dipakai, itu juga buat keselamatan kita gan :)

Sumber : Dinas Ketenagakerjaan.Semangat-semangat gan :D

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.