Selamat malem gan, wah ane ga bisa tidur uy alias insomnia :( dah kebiasaan meren nya, jadi susah untuk merem nih mata :( padahal mah ane sering sakit, apalagi masuk angin gan, indikasi nya tak lain tak bukan karna seringnya begadang, terutama faktor kecapean, eh dah tau kayak gitu tapi tetep aja tiap malemnya begadang, haruuuhhh :(

hehehe ya gimana lagi, inih lagi masa proses gan, inih juga mau diusahain tidur, eh karna barusan bikin moccacino, jadi weh beuki melek wae, hahaha :D

wah wah kalahka curhat kieu ieu, :mrgreen: kayaknya ga penting nih di bahas, hehehe..padahal ane mau ngebahas salah satu topik tentang pohon albasiah..pasti dah pada kenal kan pohon tersebut??? ane yakin temen2 yantek udah familiar :D karna salah satu pohon yang sulit dipangkas :) , hehe nah ane mau bahas sekilas mengenai pohon albasiah ini nih, siap gan..okeh mulai.. :mrgreen:

Pohon Albasiah adalah salah satu jenis pohon yang cocok tumbuh di daerah tropis, sebelumnya pohon ini banyak tumbuh liar, akan tetapi sekarang banyak di budidayakan karena mempunyai nilai jual yang tinggi serta mangfaat yang banyak.. :)

Untuk penanamannya juga mudah gan, sekitar 3-5 tahun hasilnya bisa kita panen, lumayan gan mahal, yang ane tau daya jual pohon ini kalo dah nyampe umur segitu sekitar 800-1juta per batang nya.. wah wah mantep ga tuh 8-) makanya banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan pohon ini :)

Banyak manfaat yang bisa diambil dari pohon ini gan, seperti :

Daun:
Daun Albasiah, seperti keluarga Mimosaceae lainnya adalah pakan yang sangat baik dan mengandung protein tinggi. Jenis ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing menyukainya.

 

Akar :
Sistem akar-akar Falcataria mengandung banyak karena simbiosis dengan bakteri Rhizobium nodul. Hal ini menguntungkan bagi akar dan sekitarnya. Keberadaan nodul akar dapat membantu porositas dan penyediaan nitrogen dalam tanah. Jadi pohon falcataria mungkin membuatnya tanah lebih subur. Selain itu dapat ditanami dengan tanaman untuk meningkatkan pendapatan petani penggarapnya.
 

 

Kayu:
Bagian yang memberikan manfaat paling besar dari pohon sengon adalah batang kayu. Sebagai harga yang cukup menggiurkan saat ini sengon banyak yang tumbuh untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan papan – papan dengan ukuran tertentu sebagai pembuat peti mati dari bahan baku, papan Isolasi, pengecoran semen dalam konstruksi, industri, korek api, pensil, chipboard, kertas, bahan baku industri kertas dan lain-lain.

 

Banyak sekali kan manfaat yang dapat diambil gan, tapi alangkah baiknya apabila temen2 atau agan2 mau menanam pohon albasiah mustinya di tempat yang jauh dari jaringan listrik atau SUTM, karena :
1. Kalo pohon udah tumbuh gede dan mengenai jaringan/kawat SUTM akan menimbulkan padam.
2. Menghindari pembersihan jaringan oleh Yantek
3. Merugikan oranglain karena padam yang disebabkan Pohon Abasiah menempel pada SUTM.

 

Makanya musti jauh2 gan kalo mau nanam tuh pohon, supaya lebih nyaman dan tenang, hehehe :) sekilas seperti ituh, jadi demi kebaikan bersama serta kehandalan pasokan listrik untuk semuanya, apabila ada pohon abasiah yang mau menempel atau dekat ke jaringan SUTM terpaksa kita amankan alias kita bersihkan untuk kelancaran bersama, hehhe :D :D :D
About these ads