Sikap positif dalam pelayanan..hmmm betul gan..itu musti kita terapin dalam keseharian kita, baik dalam lingkungan kerja, lingkungan luar, maupun lingkungan keluarga.. :)

nah sambil ngabuburit sambil nunggu buka puasa, ane mau nyoba bahas mengenai ini, masih melanjutin tag Pelayanan Prima gan, pelayanan terhadap masyarakat :) :)

hal-hal apa aja yang harus kita terapin dalam hubunganya pelayanan terhadap masyarakat, ya salah satunya yaitu bersikap positif/sikap positif, diantaranya :

1. Bicara dengan tersenyum, ya berusaha untuk tersenyum apabila sedang menyampaikan informasi ke pelanggan/konsumen.

2. Jawab dengan segera, apabila ada konsumen/pelanggan datang trus menanyakan/mengeluhkan informasi, segeralah jawab dan diperhatikan, apa keluhannya atau apa gangguannya, jadi jawab dengan segera.

3. Suara yang wajar, maksudnya penekanan intonasi yang wajar dan jelas, ga teriak2 atau pun pelan.

4. Sikap yang sopan dan bersahabat, nah inih penting sekali gan, tunjukin tata cara/tata krama kita yang sopan kepada pelanggan, misalkan seperti ini : ada konsumen/pelanggan datang, sikap yang harus kita lakuin misal “selamat pagi bu/pa silahkan masuk ada yang bisa kami bantu..”, nah seperti itu gan :mrgreen:

5. Pergunakan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, yup betul banget, pergunakan bahasa yang simpel aja gan, jangan pake kiasan, peribahasa, atau apapun yang sulit, misalna kita pinter bahasa inggris, trus biar kelihatan keren kita ngejelasin pake bahasa tersebut, yang ada malah konsumennya bengong n melongo ga ngerti, hahaha :D :D :D , ulah nu aneh2 welah 8-)

6. Bicara dengan semangat dan sesuai kepribadian, semangatnya jangan lupa gan ditampilkan atau ditonjolkan, maksudnya jangan terlihat lemes, lesu, walaupun belum makan :D ulah kaciri welah ku batur, hehehe :p

7. Profesional walaupun berbicara dengan temen sendiri, kebanyakan kalo ama temen sendiri atau ada yang kenal suka sikapnya aga beda gitu gan, nah hal tersebut jangan ditonjolin di depan konsumen lainnya, maksudnya walaupun pelanggan tersbut temen agan, tapi tetep bersikap professional dan tunjukin juga pelayanan terbaik kita, hehehe mantep :)

Enlightening One Day Gathering “a-SIQ” [Agent - Standarisasi, Integrity & Quality Control Cycle] :D

About these ads