Fungsi Grounding ( Pentanahan )

Selama ini jika agan ditanya apa itu fungsi grounding, maka akan terlintas jawaban sederhana : agar tidak kesetrum :)

 

Grounding itu fungsinya untuk menghilangkan beda potensial antara bagian logam suatu peralatan yg teraliri arus listrik liar dan tanah sehingga tidak terjadi bahaya tegangan sentuh tak langsung. Caranya dengan menyalurkan arus tersebut ke tanah melalui saluran pentanahan.

 

 

Lalu Timbul pertanyaan :

· Seberapa bahaya nya sih tegangan sentuh tak langsung itu?
· Seberapa besar Tahanan tubuh manusia?
Misal ada suatu peralatan 1 fase (220 V), ada arus bocor pada bodyperalatan tersebut.
Sehingga beda potensial antara Peralatan dan tanah adalah 220V. Seseorang secara tidak sengaja menyentuh bagian peralatan tersebut. Untuk mengetahui besar arus yang mengalir pada orang itu terlebih dahulu kita harus mengetahui tahanan tubuh manusia.
Tahanan tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi 2 :
            1. Tahanan kontak kulit bervariasi mulai dari 1000 kΩ kulit kering) hingga 100 Ω (kulit basah ).
            2. Tahanan dalam (internal) tubuh sendiri berkisar antara 100Ω – 500Ω.
Sehingga :
Untuk kondisi terbaik :
R = 1000 kΩ
I = 220V/1000kΩ
  = 0,22 mA
Untuk kondisi terburuk :
R = 100Ω + 100Ω = 200Ω
I  = 220V/200Ω
    = 1,1 A
Kondisi seperti apakah yang membahayakan tubuh manusia..???
Ada 2 faktor yang menentukan tingkat bahaya suatu sengatan listrik : besar dan lama sengatan.
Seperti pada gambar berikut :
Daerah 1 : daerah aman. Arus sengatan 0,1-0,5 mA belum terasakan oleh tubuh manusia.
Daerah 2 : daerah aman, Arus sengatan 0,5-10 mA tubuh terasa kesemutan, Diatas 10mA sampai 200mA jantung tahan sampai jangka waktu maksimal 2 detik saja.
Daerah 3 : daerah berbahaya, Arus sengatan 200-500 mA  dapat mengakibatkan kejang-kejang/kontraksi otot dan paru-paru sehingga gangguan pernafasan.
Daerah 4 : daerah sangat berbahaya, Arus sengatan diatas 500 mA dapat menimbulkan kematian.
Contoh :
Tahanan pentanahan tidak lebih dari 0,1Ω. Bila pada peralatan tersebut dipasang sekering 200A, maka besar tegangan sentuh akan menjadi :
V = 200 A x 0,1Ω
   = 20 V
Dan besar arus yang mengalir ke tubuh manusia menjadi :
Untuk kondisi terbaik :
R = 1000 kΩ
I  = 20V/1000kΩ
   = 0,02 mA
Untuk kondisi terburuk :
R = 100Ω + 100Ω = 200Ω
I = 20V/200Ω
  = 0,1 A 


Semoga Bermanfaat Salam Semangat :)

Utamakan Keselamatan Gan..

Abhi.

About these ads